Rabu, 04 Agu 2021,


-anggota-tnipolri-berperan-tracing-covid19Kegiatan tracing dilakukan anggota Polsek dan Koramil Kebumen, Jumat siang, menemani tim dinas kesehatan yang bertugas. (istimewa)


Nanang W Hartono
Anggota TNI/Polri Berperan Tracing Covid-19

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Anggota Polsek Karanganyar dan Koramil Karanganyar, Jumat (18/6/2021) siang, mendampingi tenaga kesehatan melakukan tracing (penelusuran) di Desa Sidomulyo. Tim tracing mendatangi rumah warga yang merupakan kontak erat orang terkonfirmasi positif Covid-19.


Kegiatan tracing merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 sehingga tidak meluas dan terkendali. Penelusuran dilakukan setelah diketahui salah satu anggota keluarga mengalami gejala sakit panas, lemas, batuk, tenggorokan sakit dan hilang penciuman. Sedangkan hasil test PCR dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.


Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengatakan tracing dilakukan sembari mengedukasi agar warga yang kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19, melakukan isolasi mandiri, serta mengikuti swab antigen.

"Sebelum hasil test PCR ada, warga yang kontak erat, dengan orang terinfeksi Covid-19 tidak kontak dengan orang lain," kata Tugiman.


Dirinya melanjutkan, aparat juga memberikan edukasi dan motivasi bagi suspek ataupun pasien positif Corona.

"Kita semangati, kita berikan edukasi pentingnya isolasi mandiri. Jika ada undangan untuk swab antigen, bisa mengikuti," tandasnya.

Isolasi mandiri penting dilakukan untuk menghindari penularan lebih meluas. Warga yang menjalani isolasi mandiri, PPKM Mikro menghidupkan Satgas Jogo Tonggo yang bertugas memberikan bantuan pangan kepada yang menjalani isolasi mandiri. (*)

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini