Kamis, 22 Apr 2021,


103-orang-calon-penerima-vaksin-covid19-tidak-lolos-skrining-kesehatanBerfoto setelah divaksin Covid-19. (nanang w hartono/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
103 Orang Calon Penerima Vaksin Covid-19 Tidak Lolos Skrining Kesehatan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Hari pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kebumen, Rabu (24/2/2021), berhasil memvaksin 1.274 orang yang terdiri dari ASN, tokoh masyarakat dan wartawan. Sedangkan pendaftar ada 1.377 orang, sehingga ada 103 orang belum bisa divaksin di hari pertama karena alasan kesehatan.


Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen yang juga anggota Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen, Kusbiyantoro SKM MKes, kepada koranbernas.id, menjelaskan mereka yang tidak lolos skrining kesehatan karena tekanan darah di atas ambang batas, bisa mendaftar di hari kedua, Kamis (25/2/2021). Namun, bisa divaksin atau tidak, tetap tergantung hasil skrining kesehatan.


Sejumlah orang yang telah divaksinasi Covid-19 mengaku tidak merasakan sakit seperti yang dikhawatirkan. "Tidak terasa sakit ketika disuntik," ujar seorang PNS.

Antusiasme ikut vaksinasi cukup tinggi. Vaksinasi yang dibuka pukul 08.00 sampai pukul 16.00, terlihat lancar. Usai divaksin, cukup banyak yang berfoto di satu lokasi yang disiapkan panitia, sambil menunjukkan sertifikat telah divaksin. Dinas Kesehatan Kebumen melibatkan 10 tim dari Rumah Sakit dr Soedirman Kebumen dan Puskesmas.


Pada saat yang sama, vaksinasi Covid-19 juga dilaksanakan di Mapolres Kebumen. Vaksinasi dilakukan di lapangan tenis indoor Polres Kebumen, diikuti seluruh personel Polres Kebumen dan Polsek terdekat.


Vaksinasi melibatkan petugas dari Urusan Kesehatan Polres Kebumen, Dinkes Kabupaten Kebumen, PPNI Kabupaten Kebumen serta mahasiswa STIKES Muhammadiyah Gombong.


Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama, mengungkapkan personel yang mengikuti vaksinasi hari pertama berjumlah 400 orang.

"Kita berdoa, ini adalah ikhtiar kita bersama, semoga vaksinasi berjalan lancar dan sukses. Sehingga personel yang diberi vaksinasi memiliki kekebalan melawan Covid-19," kata Piter Yanottama.

Pelaksana Harian Bupati Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono SH, mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi di Polres Kebumen yang dinilai tertib. Ia berharap, dengan adanya vaksinasi tahap dua, masyarakat semakin yakin bahwa vaksinasi aman dan menyehatkan.

"Insya Allah, vaksin tidak ada efek sampingnya," kata Ahmad Ujang Sugiono saat melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi di Mapolres Kebumen.

Adapun pelaksanaan vaksinasi di Polres Kebumen dilakukan tiga gelombang agar tidak terjadi penumpukan. Seorang mengikuti vaksinasi dari pendaftaran hingga observasi butuh waktu 45 menit.

Semua personel yang mengikuti vaksinasi mengungkapkan tidak mengalami gejala apa pun setelah divaksin Covid-19. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini