1.200 Pedagang Pasar Divaksin

1.200 Pedagang Pasar Divaksin

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman melakukan vaksinasi Covid-19 bagi pedagang pasar di Kantor Kalurahan Candibinangun, Kamis (24/6/2021). Sebanyak 1.200 pedagang pasar turut serta dalam program vaksinasi tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Novi Krisnaeni, mengatakan vaksinasi Covid-19 tersebut melingkupi sejumlah pedagang pasar yaitu Pasar Pakem, Srowolan, Turi serta pedagang Pasar Hewan Pakem dan Terminal Pakem.

"Vaksinasi pedagang pasar di Sleman dibagi menjadi dua berdasarkan pengelolaannya. Pasar yang dikelola oleh Kabupaten semuanya akan menyelesaikan tahap pertama vaksinasi sampai akhir bulan Juni tahun 2021. Sedangkan pasar yang pengelolaannya dilakukan oleh desa atau kalurahan akan melaksanakan vaksinasi setelah bulan Juni 2021, melalui Puskesmas sesuai dengan wilayahnya," katanya.

Novi menuturkan, pada pelaksanaan vaksinasi bagi ribuan pedagang pasar ini Pemkab Sleman melibatkan 60 vaksinator yang terdiri dari IDI, PPMI, Dinas Kesehatan Sleman dan relawan.

Sementara Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, yang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi ribuan pedagang pasar tersebut mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut sebagai usaha pemerintah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pedagang dan pembeli saat melakukan transaksi jual beli.

"Harapannya, kegiatan vaksinasi dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran serta berdampak langsung kepada masyarakat," kata Kustini.

Bupati juga mengimbau seluruh peserta vaksinasi untuk tetap menaati dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya guna mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah pasar dan secara umum di wilayah Kabupaten Sleman.

Usai melakukan tinjauan, Kustini juga melakukan pembagian masker kepada seluruh masyarakat dan peserta vaksinasi di wilayah Kantor Kalurahan Candibinangun. (*)