1.200 Umat Katolik Vaksinasi Massal di GL Zoo Yogyakarta

1.200 Umat Katolik Vaksinasi Massal di GL Zoo Yogyakarta

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Sejumlah 1.200 umat Katolik Kota Yogyakarta mengikuti vasksinasi masal Covid-19 di area parkir barat Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, Jumat (18/6/2021). Mereka yang divaksin itu umat usia 18 hingga 59 tahun.

Direktur Utama GL Zoo KMT A Tirtodiprojo yang memfasilitasi kegiatan tersebut bersama Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menjelaskan, vaksinasi diikuti umat Paroki Bintaran, Kidul Loji, Pugeran, Kumetiran, Kotabaru, Baciro, Jetis, Pringgolayan dan Paroki Pringwulung. Mahasiswi penghuni Asrama Syantikara juga tampak mengikuti vaksinasi ini.

Mereka datang di area parkir barat kebun binatang itu sejak pukul 08:00, untuk antre suntik vaksin Covid. “Umat Katolik ambil bagian secara nyata memutus rantai Covid. Dengan mengikuti vaksinasi tidak hanya menjaga dirinya tapi juga mencegah penularan pada keluarga dan masyarakat sekitarnya,” ungkap Romo Adrianus Maradiyo Pr, Vikaris Episkopal (Vikep) Yogyakarta Timur.

Turut meninjau pelaksanaan vaksinasi kali ini Pastor Kepala Paroki Kumetiran Romo Yohanes Dwi Harsanto Pr, Pastor kepala Paroki Pugeran Paulus Supriya Pr, dan Romo Bernadus Himawan Pr, serta Suster pimpinan dari Asrama Syantikara.

Romo Maradiyo mengatakan, dengan mengikuti vaksinasi berarti umat terbantu menjaga imun tubuh dari Covid. Diharapkan angka kasus positif turun, perekonomian bangkit dan kehidupan sehari-hari kembali normal.

“Kami sebelumnya juga mengadakan vaksinasi untuk para religius, yaitu imam, suster, bruder dan frater. Mereka kami dahulukan karena selalu berhadapan dengan umat, sehingga menjadi kesaksian bahwa vaksin tidak menakutkan. Umat merasa diteguhkan ketika menerima vaksin,” tambahnya.

Romo Maradiyo juga berharap vaksinasi massal ini mendorong masyarakat untuk berani divaksin. “Jangan takut divaksin karena saya rasa Dinas Kesehatan dan dokter tahu persis. Jangan diragukan keilmuan mereka. Maka, mari kita bersama mendukung program pemerintah, sehingga kondisi akan pulih kembali,” ajak Imam Projo Keuskupan Agung Semarang ini.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang meninjau pelaksanaan vaksinasi mengingatkan agar umat setelah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan dan jangan menciptakan kerumunan. “Jangan abai terhadap prokes,” ujarnya. (*)