142-jch-ikuti-manasik-haji-di-smpn-3-purbalinggaJamaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) "Buana Multazam" Purbalingga saat mengikiti manasik haji di lapangan SMPN 3 Purbalingga, Minggu (22/5/2022). (prasetiyo/koranbernas.id)


Prasetiyo
142 JCH Ikuti Manasik Haji di SMPN 3 Purbalingga

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURBALINGGA -- Jamaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) "Buana Multazam" Purbalingga, menggelar manasik haji di Aula, lapangan, masjid dan beberapa ruangan di SMP Negeri 3 Purbalingga, Minggu (22/5/2022). Kegiatan ini diikuti 142 peserta dengan khidmat, terdiri 120 JCH dan 22 peserta cadangan.


"Ini manasik haji ke 23 yang kami selenggarakan, melibatkan 20 pembimbing," ujar pembimbing dan sekretaris KBIHU Buana Multazam Purbalingga, H Roghib Abdurrahman kepada koranbernas.id di sela-sela manasik haji.


Sebelumnya, lanjut Roghib Abdurrahman, pada tahun 2020, ke 142 JCH sudah 20 kali mengikuti manasik haji.Mengingat adanya Pandemi Covd-19, kegiatan terhenti lama, dan kini untuk membekali JCH, digelar kembali.

"Kali ini kami menggelar bimbingan komplit, umrah dan haji," ujarnya.


Kegiatan manasik haji dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci untuk melatih JCH, agar dapat melaksanakan tahapan-tahapan ibadah haji di tanah suci Mekkah dengan mudah dan lancar. JCH juga dibekali hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya, terkait budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi.

Dalam kegiatan manasik itu, JCH juga mempraktikkan tawaf, sai, dan melontar jumrah dengan memanfaatkan replika Kabah.

H Roghib Abdurrahman yang juga ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Purbalingga mengatakan, JCH asal Kabupaten Purbalingga hingga saat ini belum mendapat jadwal keberangkatan, dan juga masih menunggu pembagian Kloter dari Kemenag Provinsi Jateng.

"Namun kemungkinan besar masuk gelombang kedua, yang akan diberangkatkan melalui embarkasi Solo," ujar Roghib Abdurrahman yang juga Ketua Komite SMP Negeri 3 Purbalingga.

Untuk diketahui, gelombang pertama pemberangkatan JCH Indonesia direncankan mulai 4 hingga 18 juni 2022, dari tanah air menuju Bandara AMMA Madinah. Dan gelombang kedua mulai 9 Juni hingga 3 Juli 2022.

Pada musim haji tahun 2022/1443 H ini, lanjut Roghib Abdurrahman, JCH asal Purbalingga yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah adalah yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020 sebesar kurang lebih Rp 36 juta, dan batas usia maksimal 65 tahun.

Roghib Abdurrahman berpesan kepada JCH agar selalu menjaga kesehatan, mempersiapkan fisik dan mental yang prima, praktekkan ilmu manasik yang sudah didapat selama bimbingan, dan jaga nama baik Purbalingga pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. (*)

 

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini