1.500 Pelari Meriahkan Sibakul Sport Fest 2022

1.500 Pelari Meriahkan Sibakul Sport Fest 2022

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA -- Sekitar 1.520 pelari mengikuti Sibakul Sport Fest 2022, Minggu (27/11/2022). Peserta berangkat dari Stadion Kridosono, untuk kategori 5K dan 10K.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, yang membuka acara itu mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan wisata olahraga yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dan pariwisata di provinsi ini.

Apalagi saat ini minat masyarakat akan wisata olahraga juga tinggi. Dalam kesempatan itu 70 pelaku UMKM ikut serta. Mereka diberikan ruang untuk mengenalkan lebih dekat produknya dalam segmentasi pasar yang baru yakni penghobi lari dari berbagai daerah.

“Tentu ini untuk membantu pemasaran UMKM. Supaya orang-orang lebih mengenal produk-produk UMKM di Yogyakarta. Kami berharap teman-teman UMKM punya ruang untuk menunjukkan produknya yang berkualitas,” paparnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, menjelaskan Sibakul Sport Fest digelar untuk memberikan ruang pertemuan antara masyarakat dengan para pelaku UMKM. Konsep sportainment menjadi salah satu upaya menaikkan kelas UMKM DIY.

“Kegiatan ini mengkolaborasikan sportainment. UMKM menampilkan produk dan menjualnya sementara penghobi dan atlet lari bisa berkompetisi dalam Sibakul Sport Fest," jelasnya.

Siwi, panggilan akrabnya, menambahkan UMKM yang ikut berpartisipasi merupakan binaan Sibakul di bawah naungan Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Para pelari mendapatkan racepack yang seluruhnya diproduksi UMKM mulai jersey hingga produk UMKM lokal dalam race pack.

Di antaranya, produk minuman UMKM lokal seperti beras kencur dan olahan lidah buaya. Selain itu, juga ada aneka makanan di dalam racepack peserta. "Kami juga memberikan voucher bagi peserta," paparnya. (*)