Minggu, 24 Okt 2021,


apakah-bisnis-rumahan-membutuhkan-blog-ini-jawabannyaIlustrasi. (wisatatoday.com)


Iklan
Apakah Bisnis Rumahan Membutuhkan Blog? Ini Jawabannya!

SHARE

Fungsi Blog dalam Pengelolaan Bisnis Rumahan


Pengelolaan bisnis rumahan di zaman serba canggih seperti sekarang tentu saja harus mengikuti perkembangan teknologi. Penting sekali bagi pelaku usaha untuk belajar seperti apa cara membuat blog dan mengelolanya. Blog memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan sebuah usaha saat ini, termasuk jenis usaha rumahan. Inilah yang akan menjadi sarana untuk membuat bisnis berkembang lebih jauh lagi.

  • Glory 580 Mengaspal di Jogja
  • Produk Kuliner Unik Tampil di Hartono Mall

  • Manfaat Blog bagi Usaha Rumahan

    Apapun jenis bisnis yang Anda mulai pasti bisa menjadi besar suatu hari nanti. Bisnis kecil-kecilan atau bisnis rumahan sekalipun bisa saja berkembang besar. Tentunya dibutuhkan teknik pengelolaan yang tepat agar bisnis tersebut bertumbuh besar. Salah satunya adalah lewat blog yang bisa memberi beragam manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat blog bagi pengembangan bisnis rumahan:

  • Ada Pasar Lelang Cabai di Dusun Bunder
  • Masih Transaksi Pakai Uang Tunai? Tak Perlu Khawatir

    1. Memperjelas Identitas Bisnis

    Blog dapat menjadi fasilitas yang membantu memperjelas identitas bisnis Anda. Bisnis rumahan yang baru saja dibangun membutuhkan pengenalan identitas yang jelas kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat khususnya target pasar bisa mengenali bisnis yang Anda jalankan.

    Agar sebuah blog bisa menunjukkan sebuah identitas bisnis, maka dibutuhkan perencanaan yang matang. Kelola blog dengan tampilan dan konten yang menarik sesuai identitas bisnis yang ingin ditunjukkan kepada masyarakat. Jika dikelola dengan benar, blog ini akan menjadi cerminan karakter dari bisnis yang Anda jalankan.

    1. Meningkatkan Kredibilitas

    Keberadaan blog ternyata bisa memengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap bisnis yang Anda jalankan. Blog akan membuat bisnis Anda memiliki kredibilitas yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Meskipun masih berupa blog sederhana, namun masyarakat akan menilai bisnis Anda tersebut cukup profesional dan bisa dipercaya.

    Agar kredibilitas bisnis semakin terasa lebih baik, maka usahakan untuk mengelola blog dengan tampilan yang sebaik mungkin. Semakin bagus tampilan blog dan desain yang ditawarkan maka akan semakin memperlihatkan bahwa bisnis Anda memang bisa diandalkan. Hal ini sangatlah penting bagi para pelaku usaha rumahan. Bisnis rumahan membutuhkan cara yang efektif agar dipercaya oleh banyak orang.

    1. Memperluas Jangkauan Pasar

    Membuat blog untuk bisnis rumahan ternyata bisa mendatangkan begitu banyak keuntungan. Salah satunya adalah meningkatkan kemungkinan untuk mendapat lebih banyak pelanggan. Lewat blog Anda bisa memperluas jangkauan pasar menjadi tidak terbatas. Ini merupakan salah satu keuntungan yang akan Anda nikmati ketika menggunakan platform digital seperti blog saat mengelola sebuah bisnis.

    Lewat blog Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda ke lebih banyak orang. Tentunya konten dan konsep blog harus disesuaikan dengan target konsumen yang diinginkan. Nantinya blog ini akan mudah diakses oleh banyak orang tanpa terbatas tempat. Dengan begitu jangkauan konsumen potensial Anda akan jadi semakin bertambah luas.

    1. Membangun Komunitas

    Memulai sebuah bisnis rumahan memang penuh tantangan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah membangun komunitas agar bisnis yang Anda kelola bisa mendapat lebih banyak pelanggan. Komunitas ini bisa Anda bentuk lewat pengelolaan sebuah blog bisnis. Melalui blog tersebut Anda bisa bertemu dengan banyak orang yang dapat menjadi konsumen potensial Anda.

    Buatlah blog bisnis ini sebagai media untuk berkomunikasi dengan target konsumen Anda. Orang-orang yang mengakses blog Anda akan membentuk sebuah komunitas tertentu. Hal inilah yang kemudian bisa membantu bisnis Anda untuk berkembang lebih besar lagi. Meskipun dimulai dari komunitas yang kecil, bisnis rumahan Anda tetap punya potensi untuk bertumbuh semakin besar.

    1. Menjadi Investasi Aset Bisnis

    Di zaman yang serba digital ini, aset bisnis tidak hanya berupa uang dan properti dalam menjalankan sebuah bisnis. Blog juga bisa menjadi sebuah aset yang sangat berguna bagi Anda nantinya. Mulai saja dari blog sederhana dan jika dikelola terus dengan baik akan menjadi sebuah wadah digital yang sangat berpengaruh untuk kemajuan bisnis Anda.

    Penting sekali bagi para pelaku usaha saat ini untuk mulai belajar cara membuat blog dan mengembangkannya. Ilmu ini akan sangat penting untuk pengembangan bisnis di masa depan. Blog yang dikelola dengan baik akan menjadi media digital marketing yang menguntungkan nantinya.

    Pembuatan Blog Bisnis Rumahan

    Setelah menyadari betapa pentingnya blog untuk sebuah bisnis rumahan, mari cari tahu seperti apa cara pembuatan blog yang tepat. Meskipun bisnis Anda masih merupakan bisnis rumahan kecil-kecilan, namun blog yang akan dipakai harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Berikut ini adalah beberapa langkah pembuatan blog untuk bisnis rumahan:

    1. Pilih Platform yang Tepat

    Saat ini ada banyak sekali pilihan platform blog yang dapat Anda gunakan. Pilihlah platform atau jasa penyedia blog yang tepat sesuai dengan kebutuhan blog nantinya. Dalam hal ini bisa dilakukan survei terlebih dahulu dan kunjungi beberapa blog yang memakai jenis platform berbeda. Nantinya bisa dipilih platform mana yang paling cocok dipakai untuk mengembangkan bisnis Anda tersebut.

    1. Gunakan Layanan Hosting Berbayar

    Sebenarnya tidak masalah jika ingin membuat blog dengan platform yang gratis, namun lebih disarankan untuk memakai layanan yang berbayar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai blog Anda. Jika menggunakan platform berbayar maka blog akan terlihat lebih profesional dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

    Layanan hosting dan pembelian domain saat ini juga semakin terjangkau. Ada banyak penawaran layanan yang murah dan ekonomis cocok untuk usaha rumahan. Namun jika bujet masih sangat terbatas maka tak masalah untuk memakai platform gratis seperti blogspot dan wordpress. Usahakan untuk mengelola blog sebaik mungkin agar kesan profesional tetap terlihat meski memakai platform gratisan.

    1. Tentukan Niche Market yang Tepat

    Selanjutnya pilihlah niche blog yang tepat. Sebenarnya penentuan niche blog ini merupakan salah satu tantangan bagi para pengelola blog. Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui niche market yang bisa dijadikan pilihan. Pastikan niche yang akan digunakan sesuai dengan konsep bisnis sekaligus minat Anda agar pengelolaan blog bisa berjalan lebih optimal.

    Penentuan niche market ini harus memikirkan kondisi target pasar juga. Tentunya Anda ingin blog tersebut bisa dikunjungi oleh banyak orang terutama oleh target pasar Anda. Lakukan riset dan kunjungi blog-blog orang lain untuk mengetahui niche apa yang bisa dipilih untuk blog bisnis Anda.

    1. Buat Konten secara Konsisten

    Hal selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah membuat konten blog Anda. Segera isi blog tersebut dengan konten-konten yang menarik. Tentunya pembuatan konten harus disesuaikan dengan konsep bisnis Anda. Selain itu, konten yang Anda buat juga harus bisa menarik perhatian.

    Salah satu kunci pembuatan konten blog adalah konsistensi. Usahakan untuk konsisten membuat konten-konten yang menarik. Konsistensi ini akan membantu blog Anda semakin ramai oleh pengunjung. Apalagi jika didukung dengan konten-konten berkualitas yang dibutuhkan oleh banyak orang.

    Itulah tadi pentingnya blog bagi sebuah bisnis rumahan dan seperti apa cara pembuatannya. Membuat blog dan mengelolanya memang membutuhkan usaha yang tidak bisa dibilang mudah. Namun, usaha ini akan menghasilkan aset digital yang sangat membantu bisnis rumahan Anda berkembang di masa depan. (*)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini