ASN Harus Jaga Jarak dengan Parpol

110
Penandatanganan pakta integritas ASN di lingkungan Pemkab Temanggung, Senin (12/03/2018). (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Senin (12/03/2018), menandatangani pakta integritas.

Isinya, mereka harus bersikap netral pada ajang Pemilukada Bupati/Wakil Bupati Temanggung maupun pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018.

Pakta Integritas ditandatangani oleh Penjabat Sementara Bupati Temanggung,  Sudaryanto, Sekda  Bambang Arochman, Kepala Inspektorat Cuk Sugiyarso dan Camat Temanggung Eko Budi Hartono.

Penandatanganan yang dilaksanakan di Loka Bakti Praja Setda Temanggung kali ini disaksikan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Temanggung, Sam Feri Baehaqi serta Ketua KPU Sujatmiko.

Sudaryanto mengatakan melalui penandatanganan pakta integritas diharapkan ASN menjaga netralitas  pada perhelatan  Pilkada  yang saat ini memasuki tahapan kampanye.

Baca Juga :  Sogan Batik Angkat Kisah Sunan Kalijaga

Dengan demikian ASN bisa menjaga jarak dengan parpol maupun para pasangan calon, sehingga tetap bisa bekerja profesional sebagai abdi negara dan abdi  masyarakat, tanpa terkontaminasi kepentingan politik.

Menurut Sudaryanto, berdasarkan ketentuan yang berlaku, ASN harus netral pada setiap ajang politik di semua tingkatan mulai dari skala lokal, regional maupun nasional.

“Para Aparatur Sipil Negara  di lingkungan Pemkab Temanggung saya minta menjaga  netralitas dalam  ajang Pilkada 2018, tetap kompak, bersatu dan tidak terkotak-kotak karena imbas politik. Dengan demikian bisa bekerja nyaman, profesional dalam mengabdi kepada bangsa dan negara,“ pintanya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Temanggung Sam Feri Baehaqi  menyampaikan penandatanganan pakta integritas tujuannya untuk menjalankan regulasi. ASN juga dilarang berfoto dengan pasangan calon (paslon).

Baca Juga :  Perubahan Tata Ruang Selesai Tahun Ini

Menanggapi postingan paslon dan lainnya dia berharap ASN di Kabupaten Temanggung mematuhi ketentuan netralitas tersebut.

“Penandatanganan pakta integritas ini  diharapkan tidak hanya sebatas seremoni belaka. Perlu diimplementasikan sebagai pendidikan politik kepada masyarakat,“ ujarnya. (sol)