Bacaleg PDIP Jalan Kaki Satu Kilometer

Aksi Prihatin Demi Raih Target 16 Kursi

72
Aksi Long March 45 Bacaleg DPC PDI Perjuangan Purworejo menampilkan Atraksi seni teaterikal Punakawan dan Grup Kesenian Angklung Jalanan (hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Purworejo pasang target khusus Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Langsung Presiden (Pilpres) 2019.

Tak tanggung-tanggung DPC PDI Perjuangan menargetkan jumlah 16 kursi untuk jabatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Purworejo.

“Target kami 16 kursi. Ini bukan mustahil, dan ini bukan hal yang mudah diraih. Makanya kami harus fokus dan kerja super keras untuk mewujudkannya,” ungkap Luhur Pambudi, Ketua DPC PDI Perjuangan Purworejo.

Pada Selasa (17/08/2018) siang pukul 13:10 , dipimpin langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Purworejo Ir Luhur Pambudi MM, Sekretaris dan Bendahara DPC, Hendricus Carel dan Prabowo, sebanyak 45 bakal calon legislatif (bacaleg) melakukan aksi prihatin dengan berjalan kaki atau longmarch.

Aksi jalan kaki dimulai dari Kantor Posko Pemenangan Pileg-Pilpres 2019 menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Purworejo sejauh 1 kilometer. Beberapa Satuan Gabungan Siaga Keamanan (Satgas) PDI Perjuangan juga turut mengawal puluhan bacaleg.

Baca Juga :  Empat Parpol di Purbalingga Tidak Ikut Pemilu
Rombongan 45 Bacaleg memasuki gerbang Kantor KPUD Purworejo. (hery priyantono/koranbernas.id)

Yang menarik, perjalanan longmarch 45 Bacaleg tersebut diikuti sejumlah seniman, teaterikal Punakawan dan Grup Pengamen Kesenian Angklung Kelurahan Baledono. Tak ayal, selain menghibur para bacaleg yang akan bertarung pada Pileg 2019, sajian Punakawan dan Pengamen Angklung membuat masyarakat Kota Purworejo terhibur.

Sepanjang perjalanan, warga yang dilewati aksi tersebut menyaksikan langsung wajah-wajah bacaleg dari partai pengusung Jokowi ini.

“Aksi Berjalan Kaki di siang hari ini, sebagai bentuk bahwa kami harus memulai niat baik ini dengan keprihatinan, serta dengan berjalan kaki mendaftarkan diri sebagai caleg. Harus berpanas-panasan dan agar warga Purworejo secara langsung menyaksikan caleg-calegnya yang akan mereka pilih nanti,” papar Luhur Pambudi, saat tiba di Kantor KPUD setempat.

Baca Juga :  Bupati Hadiri Peringatan HUT Tagana

Dia menjelaskan, penampilan seni teatrikal Punakawan dikandung maksud tokoh pewayangan Punakawan yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk dan Bagong menunjukkan partainya siap ngemong (menuntun kebaikan) untuk rakyat Purworejo. “Kita siap momong masyarakat dan bersama-sama mewujudkan cita-cita kerakyatan sesuai dengan ideologi Pancasila,” ujarnya.

Tampilan Grup Kesenian Angklung Jalanan juga menunjukkan PDI Perjuangan masih tetap dan terus bersama rakyat jelata dalam kondisi apapun.

Rofikah (24) Bacaleg Daerah Pemiilihan (dapil) Gebang, Loano dan Bener merasa senang walau harus berjalan di siang yang cukup panas plus sengatan terik matahari.

Dia tidak merasa capek karena berjalan bersama-sama sambil menyapa masyarakat. “Senang-senang saja. Kan ramai-ramai, Mas,” ujar Rofikah di tengah perjalanannya. (sol)