Selasa, 05 Jul 2022,


bahumembahu-tnipolri-dan-ubu-villa-membedah-rumah-wargaPeletakan batu pertama pembangunan kembali rumah Adi Sakijo. (istimewa)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Bahu-membahu, TNI-Polri dan Ubu Villa Membedah Rumah Warga

SHARE

KORANBERNAS ID, YOGYAKARTA -- Sebuah rumah berdinding gedhek (anyaman bambu-red) di Padukuhan Blekik, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman terlihat berbeda dengan rumah-rumah lainnya. Betapa tidak, rumah milik Adi Sakijo ini tampak reot, sudah tidak layak untuk dihuni.

Rumah yang sudah puluhan tahun dihuni Adi Sakijo dan keluarga ini sudah lama tidak tersentuh perbaikan. Jangankan untuk renovasi rumah, sebagai lansia pekerja buruh tani, upah yang diterima Adi Sakijo hanya cukup untuk bertahan hidup. Itu pun lebih sering tidak mencukupi.

Melihat kondisi rumah yang tak lagi layak huni, Ubu Villa bersama warga dan berkolaborasi dengan TNI-Polri, bergotong-royong agar Adi Sakijo dan keluarga dapat dibangun agar lebih sehat. Mereka bersama-sama membangun rumah baru untuk keluarga Adi Sakijo agar bisa menjalani kehidupan dengan lebih layak.

Rahmat Hidayat, Direktur Utama Ubu Villa, mengatakan pihaknya hanya berkontribusi material dan perencanaan bedah rumah. Masyarakat sekitar yang kemudian menindaklanjuti dan bergotong-royong membangun rumah layak huni bagi keluarga Adi Sakijo.

“Ini proyek bedah rumah pertama yang dilakukan Ubu Villa untuk warga yang membutuhkan. Kami hanya sedikit membantu karena yang bergerak dengan sangat luar biasa adalah warga. Mereka membantu, bergotong-royong,” ungkap Rahmat saat peletakan batu pertama pembangunan rumah seperti yang disebutkan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/9/2021).

Rahmat mengatakan, selama ini Ubu Villa berupaya membawa manfaat untuk masyarakat sekitar di tujuh lokasi Ubu di DIY-Jawa Tengah. Apalagi, kini Ubu akan melebarkan sayap ke empat wilayah lain di DIY hingga akhir tahun 2021 ini.

“Ini awal mula. Harapannya jadi gerakan-gerakan selanjutnya di wilayah lain. Masyarakat bisa membantu sesama dan kami akan hadir mensuport dengan apa yang kami bisa,” kata Rahmat.

Sedangkan Kasi Intel Korem 072 Pamungkas, Kolonel Inf Aqsa Irlangga, mewakili Danrem 072 Pamungkas, mengatakan pihaknya sangat bangga bisa ikut terjun langsung membantu warga yang membutuhkan. “Kami sangat senang membantu, bersinergi dengan masyarakat untuk warga yang membutuhkan,” ujarnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini