Senin, 26 Okt 2020,


bantul-mampu-hasilkan-garam-kristal-kualitas-terbaikBupati Bantul Suharsono mengawali panen perdana garam kristal di Wonoroto Desa Gadingsari Sanden, Selasa (18/8/2020). (sari wijaya/koranbernas.id)


Sari Wijaya

Bantul Mampu Hasilkan Garam Kristal Kualitas Terbaik


SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Bupati Bantul Drs H Suharsono  didampingi Sekda H Helmi Jamharis, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan Perikanan (DPPKP) Bantul Ir Yus Warseno dan Camat Sanden, Bangun Rahina melakukan panen perdana garam di Dusun Wonoroto Desa Gadingsari Kecamatan Sanden, Selasa (18/8/2020).

Produksi garam kristal tersebut dirintis sejak akhir 2019 dengan pendampingan dari Bagian Perekonomian Setda Bantul serta Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Lokasinya tepat berada di sisi utara Pantai Pandansari.


Baca Lainnya :

Kepala Subag Produktivitas Bagian  Perekonomian  Setda Bantul, Eny Kurnia, mengatakan berdasarkan penelitian UAD, kawasan pantai selatan ternyata mampu menghasilkan garam terbaik di Indonesia.

“Kami sebagai pendamping telah berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan, termasuk untuk kepentingan perusahaan kecantikan,” kata Eny.


Baca Lainnya :

Di Wonoroto saat ini dipersiapkan lahan seluas lima hektar untuk pengembangan garam kristal. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan PT  Angkasa Pura untuk pengembangan berbagai aspek seperti pengembangan perekonomian produksi garam, pendidikan hingga budaya.

“Memang kualitas produksi garam kristal di sini yang terbaik di tanah air,” kata Lurah Desa Gadingsari, Mashuri.

Bupati Bantul mengatakan potensi pantai selatan Bantul harus didorong agar berkembang dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemkab akan memberikan dukungan terutama perizinan dan dukungan lain yang diperlukan.

“Potensi di Bantul  termasuk kawasan selatan harus dimaksimalkan bagi kepentingan masyarakat. Saya apresiasi sekali Lurah Gadingsari yang sudah merintis dan mengawali usaha pembuatan garam kristal. Semoga ke depan semakin meluas dan panen semakin banyak. Sehingga ekonomi juga ikut terdongkrak,” katanya. (sol)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini