atas1

Baru Kali Ini Bupati Melantik Kades di Balai Desa

Sabtu, 07 Des 2019 | 06:45:11 WIB, Dilihat 827 Kali
Penulis : W Asmani
Redaktur

SHARE


Baru Kali Ini Bupati Melantik Kades di Balai Desa Pelantikan Kades Ketangi oleh Bupati Purworejo Agus Bastian di Balai Desa Ketangi. (istimewa)

Baca Juga : Handrawan Nadesul Tampil di Sastra Bulan Purnama


KORANBERNAS.ID -- Hartono resmi menduduki jabatan sebagai kepala desa (kades) antarwaktu pertama di Desa Ketangi Kecamatan Purwodadi Purworejo Jawa Tengah.

Kades itu terpilih itu menggantikan kepala desa sebelumnya Ambyah Panggung S yang diberhentikan akibat korupsi keuangan desa.

Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan kades dilakukan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM di Balai Desa Ketangi, Jumat (6/12/2019).

Biasanya pelantikan kades dilaksanakan di kabupaten tetapi kali ini bupati yang justru turun ke desa.

“Ini sangat spesial, pertama karena baru kali ini saya melantik kades di desa. Kedua karena kedua-duanya, baik kepala desa dan Pak Camat namanya sama. Ini bukan suatu kebetulan. Mudah-mudahan dapat bekerja sebaik-baiknya. Desa Ketangi semakin maju,” kata bupati.

Sebagai informasi, pemilihan kades antarwaktu di Desa Ketangi Kecamatan Purwodadi merupakan yang pertama kali dilaksanakan di kabupaten tersebut.

Kades sebelumnya berhenti sebelum akhir masa jabatan dan sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun.

Hadir dalam pelantikan Sekda Drs Said Romadhon, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi SSos, Kepala Dinperkimtan Drs Hery Rahardjo MSi, Inspektur Pembantu I Inspektorat Dra Kusmartiyah, Kabag Pemerintahan Setyowati SH, serta Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama SSTP.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM berharap pilkades antarwaktu bisa dicermati dan dievaluasi, agar dapat dijadikan panduan untuk desa lain yang mengalami hal serupa.

Kades terlantik diminta segera menyesuaikan diri dan berhati-hati melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Kades juga diminta menghindari hal-hal yang menyimpang dari peraturan perundangan yang sudah ada, agar tidak terseret masalah hukum.

“Kepada Pak Hartono harus selalu berhati-hati melaksanakan anggaran desa. Jadikan peristiwa kelabu yang pernah terjadi di desa ini sebagai kaca benggala atau introspeksi, agar tidak terulang di masa-masa mendatang,” tandasnya.

Kades juga diminta mendukung program-program pembangunan daerah sehingga terbangun sinergitas antara daerah dengan desa.

“Saya berharap kades terpilih menjadi teladan bagi warganya, sehingga program yang akan dilaksanakan oleh kepala desa akan senantiasa didukung oleh semua lapisan masyarakat. Semoga dapat menjalankan amanah yang telah diberikan masyarakat, semoga sukses,” tandasnya.

Hartono usai dilantik menyatakan saat ini dirinya fokus menjalankan program yang telah direncanakan sebelumnya. Sekaligus memastikan seluruh program berjalan dengan baik tanpa masalah.

Program ke depan kemungkinan diarahkan untuk menunjang infrastruktur desa seperti jalan. Selain itu, juga membuat BUMDes.

Usai pelantikan, bupati dan rombongan mampir melihat potensi yang dimiliki Desa Ketangi yakni industri rajut.

Didudukung 30 pekerja dari kalangan ibu rumah tangga, industri rumahan ini memproduksi syal dan baju ekspor. (sol)



Sabtu, 07 Des 2019, 06:45:11 WIB Oleh : Arie Giyarto 365 View
Handrawan Nadesul Tampil di Sastra Bulan Purnama
Jumat, 06 Des 2019, 06:45:11 WIB Oleh : Arie Giyarto 14820 View
Hanya Pakai Pot, Petani Kota Panen Semangka, Labu dan Tomat
Jumat, 06 Des 2019, 06:45:11 WIB Oleh : Redaktur 280 View
Insyaf, Eks Napi Terorisme Ungkap Kisahnya di Hadapan Ibu-ibu

Tuliskan Komentar