atas

Ganti Nama, FKY Bukan Lagi Kesenian

Selasa, 12 Feb 2019 | 18:04:47 WIB, Dilihat 333 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Ganti Nama, FKY Bukan Lagi Kesenian Ketua Umum FKY 2019, Paksi Raras Alit di Kompleks Kepatihan, Selasa (12/2/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Jangan Sampai Ada Normalisasi Intoleransi


KORANBERNAS.ID -- Kabar baru bagi para pecinta Festival Kesenian Yogyakara atau FKY. Berbeda dari tahun-tahun sebelumya, pada 2019 in, FKY tidak akan ada lagi.

Namun tak perlu khawatir. Hanya nama kesenian saja yang bakal hilang dalam kalender tahunan Yogyakarta tersebut. Sebab tahun ini FKY bukan lagi festival kesenian namun berubah menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY).

Perubahan nama tersebut dilakukan karena keistimewaan Yogyakarta tak melulu pada kesenian. Namun lebih luas pada beragam kebudayaan yang dimiliki Kota Pariwisata ini.

"Jogja tidak hanya memiliki kesenian namun lebih dari itu warisan kebudayaan, baik yang tangible (benda-red) ataupun yang intangible (tak benda-red)," ujar Ketua Umum FKY 2019, Paksi Raras Alit kepada wartawan usai beraudensi dengan Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam X dan perwakilan Dinas Kebudayaan DIY di Kompleks Kepatihan, Selasa (12/2/2019).

Karena itulah, dalam FKY tahun ini, panitia penyelenggara tidak hanya akan menyelengarakan gelaran seni teater, tari maupun lukis. Namun juga akan mengemas beragam ritual dan tradisi yang dimiliki kota ini selama sebulan penuh.

Meski belum menyebutkan tempat penyelenggaraan FKY, Paksi memastikan FKY akan diselenggarakan pada Juli 2019 mendatang. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan DIY dan Pemerintah DIY selama kurun waktu lima bulan kedepan.

"Saat ini kami baru pada tahap memperkenalkan konsep baru FKY ini kepada pemerintah DIY dan dinas kebudayaan. Kedepan akan digarap budaya apa saja yang akan ditampilkan dalam fky mendatang," imbuhnya.(yve)



Selasa, 12 Feb 2019, 18:04:47 WIB Oleh : Sari Wijaya 181 View
Jangan Sampai Ada Normalisasi Intoleransi
Selasa, 12 Feb 2019, 18:04:47 WIB Oleh : Sholihul Hadi 663 View
Tata Ruang Wilayah DIY Berubah Total
Senin, 11 Feb 2019, 18:04:47 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 678 View
Ajak Politik Damai, Muhammadiyah Undang Jokowi-Prabowo

Tuliskan Komentar