atas

Ingin Tahu Kelebihan SMK? Belajarlah Disini

Sabtu, 16 Feb 2019 | 14:55:29 WIB, Dilihat 443 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Ingin Tahu Kelebihan SMK? Belajarlah Disini Para siswa SMP melihat laboratorium mesin dalam program pengenalan program keahlian SMK Muhammadiyah 3 Yogyakrta di sekolah setempat, Jumat (15/2/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Gara-gara Kanker, Eks Dewa Bersatu


KORANBERNAS.ID -- Banyak peserta didik yang sering kebingungan untuk memilih jurusan saat masuk ke jenjang pendidikan menengah atas. Pilihan untuk masuk ke SMA atau SMK pun kadangkala hanya didasarkan pada pilihan teman atau justru desakan orangtua. Bahkan meskipun Pemerintah saat ini mendorong pengembangan pendidikan vokasi, SMK kadang masih dianggap sebelah mata.

Padahal banyak jurusan atau program keahlian yang bisa dipilih peserta didik. Ketrampilan dan kompetensi yang diajarkan SMK untuk siap terjun ke dunia kerja jadi unggulan SMK.

"Masih ada siswa SMP yang belum mengerti kompetensi apa saja yang ada di SMK.

 Karenanya mereka perlu dikenalkan program-program yang dimiliki SMK secara langsung," ungkap Kepala
Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Suprihandono disela pengenalan program keahlian SMK di sekolah setempat, Jumat (15/2/2019).

Dicontohkan Suprihandono, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki delapan program keahlian yang bisa dipilih. Sebut saja Teknik Permesinan, Teknik Audio Video, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan, Farmasi, Teknik Komputer dan Jaringnya, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Program-program keahlian tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Bahkan sekolah tersebut saat ini menjadi satu dari 219 SMK Revitalisasi atau Rujukan dari totaal 1.400an SMK se-Indonesia.

"Banyak syarat untuk bisa jadi SMK Revitalisasi, mulai dari sumber daya manusia, lahan, fasilitas, laboratorium, kurikulum dan lainnya. SMK tidak kalah dari sekolah umum dari sisi kualitas," tandasnya.

Selain itu, SMK pun banyak bekerjasama dengan dunia industri untuk keterserapan lulusannya. di SMK tersebut misalnya, tercatat sebanyak 90 perusahaan dari berbagai sektor industri telah menjalin kerjasama dengan sekolah tersebut. Dengan demikian lulusan kami outputnya sesuai kebutuhan dunia industri.

"Sebanyak 70 persen lulusan siswa kami ditarik ke dunia industri sesuai keahliannya," jelasnya.

Sementara salah seorang siswi SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Renata Julianti yang ikut acara tersebut mengaku senang mendapatkan informasi tentang SMK. Sehingga dia akan semakin banyak memiliki wawasan untuk melanjutkan pendidikannya.

"Ini baru pertama, ternyata banyak SMK, termasuk disini yang bagus fasilitasnya," imbuhnya.(yve)



Sabtu, 16 Feb 2019, 14:55:29 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 8748 View
Gara-gara Kanker, Eks Dewa Bersatu
Jumat, 15 Feb 2019, 14:55:29 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 1309 View
Tak Perlu Khawatir Minum Kopi Manis
Jumat, 15 Feb 2019, 14:55:29 WIB Oleh : B Maharani 4991 View
Jamaah Persilakan Prabowo Tempati Saf Pertama

Tuliskan Komentar