jaga-ketentraman-brimob-siap-redam-konflik-di-masa-pandemiBhaksos Brimob Batalyon A Pelopor di Wunut, Desa Sriharjo,Kecamatan Imogiri Bantul, Sabtu (27/6/2020). (istimewa)


sri-wijaya

Jaga Ketentraman, Brimob Siap Redam Konflik di Masa Pandemi

SHARE

KORANBERNAS.ID,BANTUL -- Komandan Satuan Brimob Polda DIY Komisaris Besar (Kombes) Imam Suhadi SIK mengatakan jika anggota Brimob siap diterjunkan ditengah pandemi
Covid-19. Baik untuk melakukan kegiatan penyemprotan atau disinfeksi,serta  membantu kesulitan yang dialami masyarakat .

“Adapun bentuknya  berupa bhakti sosial, panyaluran bantuan. Kita juga mendukung program ketahanan pangan, ikut mendukung program Polda untuk penyiapan kampung tangguh dan  kampung siaga,”kata Dansat saat latihan menembak dengan jajaran wartawan di Mako Brimob Gondowulung, Banguntapan Bantul, Sabtu (27/6/2020) sore.
        
Untuk kampung tanguh  adalah bagimana menyiapkan masyarakat untuk memanfaatkan lahan  guna ditanami beragam kebutuhan hidup sehingga bisa tetap bertahan di tengah pandemi. Untuk kampung siaga adalah  menyiapkan wilayah yang siap  menghadapi pandemi Covid-19 dengan mematuhi segala protokol kesehatan yang berlaku.
    
Namun demikian, lanjutnya untuk prediksi-prediksi yang jelek tetap harus dipunyai. Misalnya terjadi gejolak atau chaos, maka Brimob siap diterjunkan dan meredam demi  ketentraman  masyarakat Jogja.


Baca Lainnya :

“Kita sudah banyak berlatih, seperti kemampuan menembak. Jangan sampai aparat tidak tahu senjata kan berbahaya. Bisa salah sasaran atau salah tembak. Kita juga berlatih untuk Penanganana Hura Hara (PHH) dan anti anarkhis, termasuk bagaimana pasukan Brimob mengantisipasi segala hal diluar dugaan. Kalau semakin bagus anggota kita dalam menembak, maka akan semakin aman,” tandasnya.

Terkait Pilkada pada Desember 2020 mendatang, mereka menunggu perintah Kapolda atau Polda. Biasanya Brimob di BKO ke Polres satuan wilayah guna mengantisipasi hal yang berpotensi menganggu keamanan. Seperti tindakan anarkhis karena calonnya kalah, separatis, penyusup, teroris , adanya bahan peledak atau bom.


Baca Lainnya :

“Mau tidak mau kalau  ada yang anarkhis dan merusak maka harus ditertibkan,”tandasnya.

Sementara di hari yang sama,  Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda DIY bersama komunitas Brigade 4x4 menggelar bhaksos  di Dusun  Wunut, Desa  Sriharjo Imogiri dan Dusun Gumelem Kadiwung, Desa Mangunan Dlino. Dalam bhaksos yang dipimpin Palakhar Danyon A Pelopor , Kompol DH Supraba SIP dibagikan  100 paket sembako kepada mereka yang membutuhkan.

“Kegiatan ini adalah bentuk sumbangsih Brimob kepada mereka yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19 sebagaimana arahan dari Dansat Brimob Kombes Imam Sukadi SIK,” kata DH Supraba.

Anggota Brimob siap diterjunkan untuk membantu kesulitan yang bukan kali ini saja. Namun dengan menggandengn berbagai organisasi, Batalyon A Pelopor sudah menggelar bhaksos beberapa kali dengan titik yang berpindah-pindah.

“Ini bhakti kami, Brimob untuk Indonesia,”tambahnya. (yve)


TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini