Senin, 26 Okt 2020,


kini-animasi-tak-lagi-mahalCEO Animasi Studio Yuhan Fauzan (kiri) dan Adi Paradika mengikuti pameran Jogja Digital Expo yang berlangsung di Jogja Expo Center (JEC). (sholihul hadi/koranbernas.id)


sholihul

Kini Animasi Tak Lagi Mahal

Cukup dengan Rp 1,5 Juta, Kurang dari Tiga Hari Selesai
SHARE

KORANBERNAS.ID – Memenuhi kebutuhan zaman digital yang serba cepat, kebutuhan terhadap layanan pembuatan jasa animasi juga butuh waktu yang cepat. Inilah peluang yang ditawarkan oleh Animasi Studi di Jalan Prapanca No 6 Tirtonirmolo Kasihan Bantul.

Digawangi serta dikerjakan oleh sekitar 50-an anak-anak muda yang kreatif,  tempat pembuatan vidoe animasi pertama di Indonesia ini bahkan berani mendeklar harganya transparan.


Baca Lainnya :

Tak diragukan lagi, instansi pendidikan, digital start up, online shop, UMKM, hotel, kuliner, otomotif maupun bidang-bidang lain, apabila pesan animasi di tempat ini maka dijamin cepat selesai dan memuaskan.

“Kami menyediakan harga promo Rp 1,5 juta sudah dapat pilihan desain yang banyak. Proses produksinya kurang tiga hari. Produk kami ini bisa dimanfaatkan untuk profil perusahaan, video promosi dan sarana sosialisasi,” ungkap Yuhan Fauzan, CEO Animasi Studio, Minggu (02/12/2018).


Baca Lainnya :

Kepada wartawan di sela-sela mengikut event Jogja Digital Expo yang berlangsung di Jogja Expo Center (JEC), dia menyampaikan sejak awal pihaknya ingin mengubah persepsi di masyarakat bahwa animasi sekarang ini tidak lagi mahal.

“Memang pirantinya mahal kerena sangat berbeda. Satu unit komputer animasi harganya bisa di atas Rp 20 juta. Kita berpikir keras bagaimana caranya tidak hanya perusahaan besar saja yang menggunakan animasi tetapi juga para pelaku UMKM,” kata Yuhan didampingi Adi Paradika, Teknikal Supervisor Animasi Studio.

Dengan terobosan itulah para pelaku usaha bisa lebih berhemat biaya sekaligus hemat waktu. Sebab, umumnya satu animasi butuh waktu pengerjaan sekitar 3 bulan.

Itu pun biayanya mahal karena melibatkan banyak personel mulai dari penulis naskah, desainer, pengisi suara dan lain-lain.

Di Animasi Studio, peminat cukup pesan dan dalam waktu singkat langsung bisa digunakan. Desain pun tersedia dalam beragam model. “Kita sudah punya 16 model. Per Januari nanti bertambah menjadi 32 animasi,” kata dia.

Menurut dia, pilihan konten animasi tidak harus yang unik, sebab faktanya banyak para pelaku usaha ternyata membutuhkan animasi yang sifatnya simpel namun mudah dicerna.

Artinya, para pelaku usaha tidak lagi membutuhkan animasi yang sifatnya custom, yang harganya mencapai Rp 30 juta sampai Rp 40 juta.t Mereka cenderung lebih membutuhkan animasi yang yang bisa untuk promosi produk.

Menurut Yasunta, keistimewaan Animasi Studio adalah  pada konten maupun isinya yang bisa diganti sesuai dengan keinginan pengguna. “Sudah ada sampel. Tinggal ganti gambar dan tulisan,” ungkapnya.

Meski baru dua bulan melakukan aktivasi, Animasi Studio ternyata langsung memperoleh respons positif dari perusahaan-perusahaan besar, termasuk tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) langsung menggunakan animasi buatan Animasi Studio.

Yuhan kemudian menunjukkan contoh animasi yang kini digunakan oleh PT PLN, PT Pertamina serta PT Pelindo I.

Dia mengakui, kualitas animator Indonesia tidak kalah dengan luar negeri. Bahkan film Upin dan Ipin itu animatornya justru banyak yang berasal dari Indonesia.

Mereka lari ke Malaysia karena sedikitnya pengusaha di Indonesia yang tertarik dengan animasi.

“Dukungan dari pemerintah sudah bagus tetapi kebanyakan pengusaha di Indonesia lebih memilih bergerak di bisnis konvensional. Untuk industri kreatif sangat sedikit,” ucap Yuhan Fauzan.

Adapun permasalahan utama yang dialami perusahaan animasi rata-rata adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang andal. “Kita masih susah cari SDM,” kata dia.

Adi Paradika menambahkan, Animasi Studio yang berhasil meraih Juara 1 Best Animasi piala Kapolri, saat ini sedang mengembangkan program untuk membantu pemerintah.

Ada tiga animasi yang dibuat yaitu Aku Anti Hoax, Indonesia Damai dan Stop KKN. (sol)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini