atas1

PAUD Diharapkan Jadi Tempat Aman bagi Anak

Kamis, 12 Sep 2019 | 19:14:06 WIB, Dilihat 131 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


PAUD Diharapkan Jadi Tempat Aman bagi Anak Kustini Sri Purnomo, dalam kegiatan Inisiasi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Ramah Anak, Kamis (12/9/2019) di Rumah Makan Pring Sewu. (istimewa)

Baca Juga : Pelajar Tahlilan untuk Almarhum BJ Habibie


KORANBERNAS.ID--Pendidikan pada anak usia dini perlu menitikberatkan ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik, kecerdasan daya pikir, sosial emosional, dan moral spiritual, serta perkembangan bahasa dan komunikasi.

Demikian disampaikan, Kustini Sri Purnomo, dalam kegiatan Inisiasi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Ramah Anak, Kamis (12/9/2019) di Rumah Makan Pring Sewu, Jalan Magelang, Sleman.

“Oleh karena itu, saya harap PAUD menjadi tempat yang aman, nyaman, dan terbebas dari kekerasan fisik maupun nonfisik,” kata Kustini.

Kustini mengimbau agar PAUD memiliki lingkungan hijau, bersih, sehat, dan inklusif. “Tentunya dengan lingkungan yang menyenangkan peserta didik pun bisa belajar dengan senang,” tambahnya.

Kustini kini tengah gencar mengenalkan 5 gerakan, yakni Gerakan Lindungi Anak, Gerakan Senang Baca, Gerakan Orangtua Cerdas, Gerakan Cinta Ikan, dan Gerakan Cinta Lingkungan.

“Saya setiap kali ke PAUD selalu mengenalkan gerakan yang saya sebut Gerakan Moge ini ibu-ibu. Contohnya yang Gerakan Cinta Ikan paling tidak saya minta setidaknya 2 minggu sekali di PAUD makan ikan bersama-sama,” papar Kustini.

Dikatakan, gerakan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Sleman dalam penyelenggaraan PAUD.

Mafilindati Nuraini, Kepala Dinas P3AP2KB mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan pemahaman kepada para penyelenggara pendidikan dan pengelola, bahwa PAUD adalah bentuk pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun.

“Sehingga pendidikan dilakukan dengan cara memberi stimulus yang sifatnya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak, agar siap masuk ke pendidikan lebih lanjut yakni sekolah dasar,” imbuhnya.

PAUD ramah anak ini merupakan program yang dimotori oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman dengan menggandeng Bunda PAUD dan HIMPAUDI di 17 kecamatan di Kabupaten Sleman.

Dalam acara ini, Bunda PAUD dan HIMPAUDI melakukan penandatanganan deklarasi PAUD ramah anak yang disaksikan langsung oleh Kepala Dinas P3AP2KB dan Bunda PAUD Sleman. (SM)



Kamis, 12 Sep 2019, 19:14:06 WIB Oleh : Nanang WH 290 View
Pelajar Tahlilan untuk Almarhum BJ Habibie
Kamis, 12 Sep 2019, 19:14:06 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 254 View
Balkonjazz 2019, Paduan Budaya Lokal dan Musisi Ternama
Kamis, 12 Sep 2019, 19:14:06 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 191 View
Puluhan Pusat Kajian Antikorupsi Tolak RUU KPK

Tuliskan Komentar