atas1

Sadar Imunisasi Sejak Dini Demi Generasi Sehat

Minggu, 05 Mei 2019 | 19:47:10 WIB, Dilihat 401 Kali - Oleh Muhammad Zukhronnee Ms

SHARE


Sadar Imunisasi Sejak Dini Demi Generasi Sehat Ketua Pengelola Klinik Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Gajah mada dr. Abu Tholib Aman MSc, SpMK didampingi pembicara dan penyelenggara Seminar Sehari Imunisasi untuk Indonesia yang Lebih Sehat, Sabtu (4/5/2019) di The Rich Jogja Hotel. (istimewa)

Baca Juga : Ada Gandhewa Panah Bandhulan di Sleman


KORANBERNAS.ID -- Beberapa penyakit, kecacatan bahkan kematian ternyata bisa dicegah dengan imunisasi. Berbagai upaya pemerintah melalui kementerian Kesehatan telah dilakukan, program imunisasi nasional yang menyasar anak-anak ataupun orang dewasa adalah salah satunya.

Tak dipungkiri bahwa saat ini pun masih ada anak-anak di lndonesia yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap, bahkan tidak pernah mendapatkan imunisasi sama sekali sejak lahir. Hal itu menyebabkan mereka mudah tertular penyakit berbahaya karena tidak adanya kekebalan spesifik terhadap penyakit tersebut. Data dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rl menunjukkan bahwa sejak 2014-2016, terhitung sekitar 1,7 juta anak belum mendapatkan imunisasi atau belum lengkap status imunisasinya.

Agar terbentuk kekebalan masyarakat (herd immunity) yang tinggi, dibutuhkan cakupan imunisasi dasar dan lanjutan yang tinggi dan merata di seluruh wilayah Indonesia, bahkan sampai ke pelosok. Bila tingkat kekebalan masyarakat tinggi, maka yang akan terlindungi bukan hanya anak-anak yang mendapatkan imunisasi. tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Ketua Pengelola Klinik Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM), dr. Abu Tholib Aman MSc, SpMK menyampaikan bahwa banyak isu yang beredar mengenai vaksin itu tidak benar. Sesungguhnya dengan vaksin justru akan membuat generasi mendatang lebih kebal terhadap penyakit, dengan demikian tentunya kecerdasan indonesia akan lebih baik.

Salah satu isu yang ramai di tengah masyarakat adalah adanya faham bahwa vaksinasi/imunisasi itu haram hukumnya. "Saya termasuk salah seorang yang meneliti dan mengembangkan vaksin, dan saya juga seorang muslim, meski saya bukan ahli agama namun saya tentu tidak mungkin sengaja mengembangkan vaksin ini jika melanggar hal-hal yang bertentangan dengan islam, agama saya," paparnya seusai mengisi seminar sehari Imunisasi untuk Indonesia yang Lebih Sehat, Sabtu (4/5/2019) di The Rich Jogja Hotel.

Abu Tholib menambahkan bahwa yang paling kompeten dengan hukum halal dan haram sudah ada lembaganya, yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI). "Kami selalu mengkonsultasikan setiap perkembangan vaksin dengan lembaga tersebut, jadi kalau MUI belum meng-clear-kan tentu saja kami gak berani memberikan pemahaman kepada petugas kesehatan yang akan turun ke masyarakat, bahwa vaksin yang beredar di negara kita ini bukan vaksin haram," imbuhnya.

Secara umum program pemerintah khusus wilayah jogja coverage-nya sudah lebih dari 90%. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang paling tinggi tercapainya target program imunisasi nasional. Hal ini tentu tak lepas dari faktor pendidikan Yogyakarta yang baik.

"Jogja memang bukan provinsi yang kaya, tidak ada minyak, gak punya kayu, gak punya tambang, tapi kita punya banyak tenaga ahli, punya banyak universitas yang bagus, banyak masyarakat yang pintar membuat jogja selalu membuat pilihan yang bijak," pungkasnya.

Seminar sehari ini bertujuan untuk memahami permasalahan dalam lmp|ementasi program imunisasi dan juga tantangan dalam promosi imunisasi di era digital. Pada akhirnya, diharapkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi rutin dan lengkap.(yve)



Minggu, 05 Mei 2019, 19:47:10 WIB Oleh : Nila Jalasutra 402 View
Ada Gandhewa Panah Bandhulan di Sleman
Minggu, 05 Mei 2019, 19:47:10 WIB Oleh : Nila Jalasutra 447 View
Merti Kali Kuning Jaga Kelestarian Lereng Merapi
Minggu, 05 Mei 2019, 19:47:10 WIB Oleh : Sholihul Hadi 12690 View
Sabuk Hitam Ini Tidak Main-main..

Tuliskan Komentar