Buka Malam Tapi Agak Gelap

Taman Pintar Layani Wisatawan Hingga Pukul 21:00

50
Area Playground Taman Pintar Yogyakarta terlihat gelap, Senin (05/06/2018) petang. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Menyambut momentum libur Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah bersamaan cuti panjang Pegawai Negeri Sipil (PNS), pengelola obyek wisata Taman Pintar Kota Yogyakarta membuka layanan malam hari hingga pukul 21:00.

“Langkah ini srategis untuk meningkatkan kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kota Yogyakarta, mengingat banyaknya wisatawan memasuki Kota Yogyakarta pada sore dan malam hari,” ungkap Heroe Purwadi, Wakil Walikota Yogyakarta.

Saat me-launching penambahan jam layanan Taman Pintar, Selasa (05/06/2018) petang, Heroe Purwadi berharap langkah ini menambah atraksi wisata malam hari di Kota Yogyakarta.

“Dengan dibukanya layanan malam hari juga akan menambah potensi kunjungan ke Taman Pintar yang kini sudah mencaai rata-rata satu juta pengunjung per tahun,” kata Heroe.

Baca Juga :  Berbagi Sesama dengan Belanja DS Modest

Taman Pintar merupakan salah satu ikon wisata edukasi Kota Yogyakarta. Penambahan jam layanan dimaksudkan pula untuk melayani wisatawan yang berkunjung di kawasan Malioboro.

Hal ini menyusul layanan serupa yang dilakukan pengelola Pasar Beringharjo, sekaligus mendukung pengembangan kawasan Malioboro sebagai jalur pedestrian.

Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana, menambahkan layanan Taman Pintar Buka Malam meliputi area Playground, Perpustakaan dan Science theater.

Pengamatan koranbernas.id program layanan malam hari itu sepertinya belum diikuti penambahan fasiitas lampu penerangan. Area Playground tampak agak gelap. Tidak ada lampu menyala di sekitar area tersebut kecuali limpahan cahaya dari lokasi di sebelahnya.

Di Playground tersedia berbagai alat peraga interaktif yang menarik dan menambah pengetahuan bagi pengunjung. Masih di area tersebut, Taman Pintar bekerja sama dengan Koperasi Pegawai Taman Pintar menghadirkan Tepi Coffee Shop.

Baca Juga :  Sia-sia, Pencuri Pecah Kaca Tapi Zonk

Fasilitas ini untuk menambah kenyamanan pengunjung yang ingin berdiskusi atau sekadar bercengkerama sambil menikmati suguhan kopi dan aneka roti bercita rasa istimewa dengan harga terjangkau.

Bagi pengunjung yang ingin menambah pengetahuan melalui buku, Perpustakaan Taman Pintar  menyajikan buku bertema sains dan teknologi, koleksi umum, ilmu pengetahuan, video ensiklotepi, kamus dan fiksi.

Di Science Theater, pengunjung dapat menyaksikan film bertema sains dan teknologi. Semua wahana tersebut didukung fasilitas free wifi.

Rangkaian acara Peresmian Taman Pintar Buka Malam diawali talk show kerja sama Taman Pintar dengan Laboratorium Riset Sistem Cerdas Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM. (sol)