Bupati Ikut Lari Sejauh 13 Kilometer

53
Bupati Sleman  Drs H Sri Purnomo MSI melepas peserta Sleman Tample Run di Banyunibo Prambanan Sleman, Minggu (29/07/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Tidak hanya membuka event Sleman Tample Run, Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI ikut menjadi peserta lari maraton, Minggu (29/07/2018).

Setelah menempuh jarak 13 Kilometer Sri Purnomo berhasil mencapai finish di Candi Banyunibo dengan catatan waktu 1 jam 58 menit.

“Jarak 13 kilometer dengan tanjakan dan turunan yang luar biasa, namun dengan semangat kebersamaan dan saling support semua termotivasi sehingga pada akhirnya menjadi mampu menyampai garis finish,” kata Sri Purnomo  usai melintasi garis finish.

Event yang  diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Trail Runners Yogyakarta tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman mempromosikan destinasi pariwisata sport tourism guna meningkatkan daya tarik wisatawan.

Peserta lari maraton melintasi rute dari candi ke candi yang berada di wilayah Kacamatan Prambanan. Sleman merupakan kabupaten yang memiliki obyek wisata berupa candi-candi cukup banyak jumlahnya, di kawasan siva plateu wilayah Kecamatan Prambanan.

“Lari lintas alam dari candi ke candi tidak dimiliki oleh daerah lain dan hal ini merupakan salah satu keunikan dan taya tarik sendiri,” kata Dra Hj Sudarningsih MSi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mencatat sebanyak 560 peserta terdaftar dari berbagai daerah seperti Garut, Bandung, Jakarta, Surabaya, Jawa Tengah dan sekitarnya. Sedangkan peserta dari luar negeri dari Belanda, Kenya, Australia dan Thailand.

Baca Juga :  Perpustakaan Sekolah Ini Bikin Betah Serasa di Kafe

Adapun rute yang ditempuh yakni melintasi Candi Banyunibo, Candi Barong, Candi Sojiwan, Candi Miri, Candi Ijo, Tebing Breksi dan berakhir kembali di Banyunibo.

Selain candi-candi, pelari dapat menikmati pemandangan bukit-bukit dan persawahan.

Event yang sudah memasuki tahun ke 4 tersebut memperebutkan hadiah total Rp 100 juta dengan tiga kategori lomba.

Yaitu, kategori umum 25 km, kategori umum 13 km, kategori TNI/Polri 25 km dan khusus usia 50 ke atas (master) pada jarak 25 Km dan 15 Km.

Peraih juara pertama pada kategori Umum 25 Km yaitu Samson Karega Kamau asal Kenya dengan catatan waktu 2 jam.

Peringkat kedua Margono dengan catatan waktu 2 jam 14 menit, dan ketiga Ari Masrudi 2 jam 23 menit.

Peraih juara pertama pada kategori umum 13 Km yaitu Muh Adi Saputra dengan catatan waktu 1 jam 5 menit, disusul Juni Tri Prasetyadi dengan 1 jam 7 menit, dan Hamir Dani Hareta posisi ketiga dengan waktu 1 jam 10 menit.

Pada Kategori TNI/Polri 25 Km Juara I Partu Mensen Lakfo dengan waktu 2 jam 8 menit, Kedua ditempati Niki Ledi Pratama dengan waktu 2 jam 18 menit, dan Ketiga Fatul Wardi dengan raihan waktu 2 jam 20 menit.

Baca Juga :  Berkat Kurma, Tiga Beauty Influencer Ini Umroh

Adapun kategori Usia 50 tahun Master 13 Km finish pertama Sutadi Karjanto dengan waktu 1 jam 40 menit, Kedua Nurhasyim dengan waktu 1 jam 51 menit, dan Ketiga Cahyono dengan waktu 1 jam 55 menit.

Pada kategori Usia 50 tahun master 25 Km finish pertama Dwi Widiyanto dengan waktu 3 jam 4 menit, kedua Sangkung Suprapto dengan waktu 3 jam 26 menit, dan ketiga Mariadi catatan waktu 3 jam 27 menit.

Pemenang meraih trofi dan uang pembinaan, Juara Pertama Rp 5 juta, Juara Kedua Rp 4 juta dan Juara Ketiga Rp 3 juta.

Sri Purnomo mengajak seluruh kalangan untuk ikut berpartisipasi dan lebih meramaikan event tersebut ke depannya, sehingga Sleman lebih digemari oleh pariwisata minat khusus.

Dia juga sangat mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Trail Runners Yogyakarta, karena kegiatan tersebut sukses. Ia berharap seluruh peserta dapat bersikap sportif mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan.

“Menang dan kalah dalam kejuaran adalah hal yang biasa, hasil akhir dari lomba ini adalah kerja keras, kedisiplinan dan latihan yang telah dijalani selama ini,” ujarnya. (sol)