cegah-penyebaran-virus-pmk-pemkab-sleman-gandeng-bhabinkamtibmasWakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyerahkan buku saku terkait PMK kepada 3 perwakilan Bhabinkamtibmas sebagai pegangan pelaksanaan tugas di lapangan, Rabu (25/5/2022). (istimewa)


Nila Hastuti
Cegah Penyebaran Virus PMK, Pemkab Sleman Gandeng Bhabinkamtibmas

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN – Untuk mencengah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak di wilayah Sleman, Pemerintah Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Polres Sleman melakukan sosialisi PMK di Aula lantai 3, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (25/5/2022). Sosialisasi diikuti 96 Bhabinkamtibmas yang bertugas di 86 Kalurahan wilayah Kabupaten Sleman.


Kasat Binmas Polres Sleman, AKP Sugiyanto, mengatakan sosialisasi yang mengikutsertakan Bhabinkamtibmas ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang mendalam terkait PMK yang kemudian akan kembali disosialisasikan kepada masyarakat di tingkat Kalurahan.


"Mereka (Bhabinkamtibmas) ini sebagai ujung tombak kepolisian yang langsung bersinggungan dengan masyarakat. Maka dari itu, setelah mendapatkan pemahaman terkait PMK, Bhabinkamtibmas memiliki kewajiban melakukan upaya-upaya pencegahan di wilayah tugasnya masing - masing," jelas Sugiyanto.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyampaikan apresiasinya atas kerja sama antara Polres Sleman dengan Pemkab Sleman untuk melakukan pencegahan masuknya virus PMK di Sleman.


Danang menjelaskan, saat ini PMK tengah menjadi perhatian, baik di daerah maupun pusat. Hal tersebut dikarenakan penularan yang sangat cepat dan dapat menyerang hewan ternak.

Danang menyebut, sekalipun sampai saat ini belum ditemukan kasus penularan kepada manusia, adanya virus PMK ini dapat mengganggu sektor perekonomian, khususnya bagi para peternak.

"Adanya virus PMK ini pasti akan memberi efek bagi perekonomian. Terlebih di Sleman banyak yang menggantungkan mata pencahariannya dari hewan ternak. Maka dari itu diperlukan kerja sama banyak pihak untuk bersama-sama melakukan langkah-langkah pencegahan," katanya.

Danang menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sleman saat ini terus melakukan upaya pencegahan. Selain sosialisasi, Pemkab Sleman melakukan monitoring secara langsung di sejumlah lokasi, salah satunya pemantauan secara langsung di Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping .

Danang juga menyerahkan buku saku terkait PMK kepada 3 perwakilan Bhabinkamtibmas sebagai pegangan pelaksanaan tugas di lapangan. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini