Di Depan Peserta JITM, Sekda Promosi NYIA

168
Peserta JITM 2018 mengikuti welcome dinner di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin (07/05/2018) malam. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi, menyambut kehadiran para peserta Jogja International Travel Mart (JITM), dalam sebuah acara welcome dinner yang berlangsung di Bangsal Kepatihan kompleks Kantor Gubernur DIY, Senin (07/05/2018) malam.

Di depan tamu-tamunya yang berasal dari 20 negara, mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, selain menyampaikan ucapan selamat datang dan mempersilakan mereka menikmati suasana Kota Budaya Yogyakarta, Sekda pun mempromosikan bandara baru yang saat ini sedang dibangun di Temon Kulonprogo.

Membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY dalam bahasa Inggris, Sekda menyampaikan New Yogyakarta International Airport (NYIA) ke depan akan menjadi pintu gerbang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Artinya, wisatawan dari negara asalnya bisa terbang langsung ke Yogyakarta.

Baca Juga :  Sleman Canangkan Tiga DBKS

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, unsur Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY serta para tamu undangan lainnya.

Aris Riyanta menyampaikan operasional NYIA yang dijadwalkan pada 2019 diharapkan akan menambah semarak kepariwisataan di provinsi ini.

Dengan kata lain, sebagai pintu gerbang masuknya wisatawan asing dari berbagai negara, sudah pasti bandara baru tersebut nantinya memberikan banyak keuntungan bagi sektor pariwisata DIY sekaligus berdampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Yang pasti, wisatawan mancanegara semakin mudah berkunjung ke Yogyakarta. Sebagai gambaran, tahun ini saja tercatat  jumlah kunjungan wisman ke DIY mencapai 400.000 orang.

Aris Riyanta optimistis ke depan kunjungan wisman bisa mencapai 450 ribu, syukur  bisa lebih. Inilah pentingnya penyelenggaraan JITM. Bagi DIY, event yang berlangsung tiga hari hingga 9 Mei 2018 tersebut, dapat menjadi sarana promosi.

Baca Juga :  Lampaui Target, Bulan Dana PMI Rp 1,14 Miliar

Buyers dari berbagai negara dapat secara langsung mengetahui destinasi maupun dan akomodasi pariwisata di DIY bertambah maju. “Target utama kita Yogyakarta lebih dikenal di mancanegara,” tandasnya.

JITM 2018 bertema Jogja a New Getaway to Your Journey kali ini diikuti tidak kurang 972 buyers dari dalam negeri maupun mancanegara yang mengagendakan pertemuan bisnis dengan sekitar 79 seller.

Ke-20 negara itu antara lain Singapura, India, Jerman, Australia, Italia, Uni Emirat Arab, Vietnam dan Bangladesh. Selasa (08/05/2018), peserta mengikuti Table Top B2B di Kasultanan Ballroom Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. (sol)