Diiringi Bregada, PDI Perjuangan DIY Daftarkan Caleg ke KPU

92
Ketua DPD PDI Perjuangan DIY di KPU DIY Bambang Praswanto menerima wayang Werkudara di KPU DIY, Selasa (17/07/2018), di sela-sela pendaftaran caleg. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — DPD PDI Perjuangan DIY memilih bersama-sama mendaftarkan calon legislatif DPRD DIY, Selasa (17/07/2018),  persis satu bulan jelang peringatan kemerdekaan Indonesia  17 Agustus 2018, yakni tepat pukul 10:00 17 Juli 2018.

Momen istimewa ini, terinspirasi semangat perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia dan kesadaran kepribadian kebudayaan.

Pendaftaraan dimeriahkan penampilan seni dan budaya yang mencerminkan wajah nasionalis sekaligus relijius yang merupakan budaya yang berkembang di Indonesia dan budaya telah menjadi perekat pemersatu bangsa berdasarkan Pancasila.

Caleg PDI Perjuangan DIY foto bersama di Kantor KPU DIY. (sholihul hadi/koranbernas.id)

“Kita pilih waktu persis sebulan menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus yang akan datang, di hari Selasa 17 Juli 2018 pukul 10:00 PDI Perjuangan resmi mendaftarkan calon legislatif DPRD DIY ke KPU,” kata Bambang Praswanto, Ketua DPD PDI Perjuangan DIY di KPU DIY.

Nuansa seni dan budaya yang ditampilkan dalam prosesi longmarch ini mengiringi rombongan DPD PDI Perjuangan DIY dan 55 caleg DPRD DIY.

Seluruh caleg dengan mengenakan baju partai PDI Perjuangan, bersama-sama berjalan kaki dari timur Balai Kota Yogyakarta hingga halaman KPU DIY, dalam rangka pendaftaran di KPU di antaranya hardrah, jathilan, barisan bregada.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Pencuri Cengkih
Barisan bregada mengiringi pendaftaran caleg PDI Perjuangan DIY. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Warga Yogyakarta terlihat antusias menyambut dan memberikan semangat dengan menjadi saksi rombongan caleg yang berjalan kaki,  yang diikuti iring iringan kirab kebudayaan tersebut.

Pendaftaran caleg DPRD DIY oleh DPD PDI Perjuangan DIY dipimpin langsung ketua DPD, Bambang Praswanto.

Di antara 55 caleg, terdapat 22 caleg perempuan. Sebelum resmi mengisi buku tamu dan melakukan pendaftaran, perwakilan masyarakat Jogja menyerahkan wayang Werkudara dan diterima Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Bambang Praswanto.

Bambang Praswanto menjelaskan filosofi Werkudara melambangkan kejujuran, keberanian, sikap mental satunya kata dan perbuatan serta kedekatan dengan rakyat.

Kelompok seni turut mengawal pendaftaran caleg PDI Perjuangan DIY. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat dan menekankan agar seluruh pengurus, anggota, simpatisan dan para caleg untuk senantiasa jujur, berani, konsisten berjuang bekerja keras menyatu dalam satu tarikan nafas berjuang untuk kesejahteraan, kemakmuran dan ketentraman rakyat.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPD PDI Perjuangan DIY, Eko Suwanto, yang juga turut didaftarkan sebagai Caleg DPRD DIY Dapil Kota Yogyakarta Nomor Urut 1 menyatakan rasa terima kasih atas dukungan semua pihak.

Baca Juga :  Ini Sebabnya Pengelolaan Cagar Budaya Tak Optimal

Dia memohon doa restu dari masyarakat Yogyakarta agar kinerja legislator asal PDI Perjuangan bisa konsisten berjuang bersama rakyat.

Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah serta doa dan dukungan masyarakat, PDI Perjuangan resmi mendaftarkan caleg DPRD DIY di KPU. Selanjutkan kita mohon doa dan dukungan rakyat semoga PDI Perjuangan menang dalam Pemilu 2019,” kata politisi muda PDI Perjuangan yang saat ini menjabat Ketua Komisi A DPRD DIY itu.

Eko Suwanto menambahkan PDI Perjuangan DIY menargetkan menang pileg dan dapat mengantarkan Ir Joko Widodo menang dan terpilih sebagai Presiden dalam pemilu 2019.

“Kemenangan PDI Perjuangan dan Ir Joko Widodo dalam pemili 2019 sepenuhnya akan diabdikan untuk melindungi, melayani dan memberdayakan rakyat untuk mewujudkan rakyat yang sejahtera, adil, makmur dan tenteram. Kita akan senantiasa konsisten berjuang menjaga dan merawat keistimewaan DIY,” kata Eko Suwanto. (sol)