Kamis, 25 Feb 2021,


diundang-ke-kantor-desa-sejumlah-warga-kraguman-dan-jetis-senang-Mulyatno SH menyerahkan secara simbolis BLT DD tahap 9 tahun 2020. (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Diundang ke Kantor Desa, Sejumlah Warga Kraguman dan Jetis Senang

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN—Wajah ceria terpancar dari wajah sejumlah warga atau keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) di Aula Kantor Desa Jetis Kecamatan Klaten Selatan dan di Kantor Desa Kraguman Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten, Selasa (26/1/2021).

Pagi itu mereka hadir di kantor desa masing-masing, untuk menerima BLT DD tahap 9 tahun 2020 sebesar Rp 300 ribu. Mereka tidak mengira jika pemerintah desa masih mengucurkan bantuan tahun 2020 di awal tahun 2021.


“Senang sekali pak. Sangat membantu saya untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Sriyatno, warga Dukuh Wanteyan Wetan Desa Jetis saat ditemui di sela-sela menerima BLT DD di Aula Kantor Desa Jetis.

Sriyatno yang sehari-hari bekerja sebagai sopir angkutan barang itu, merasakan betapa sulit dampak yang ditimbulkan wabah Covid-19. Meski demikian dirinya tidak mau menyerah begitu saja dan tetap bekerja.


Senada dikemukakan Sukinem, penerima BLT DD yang tinggal di Dukuh Mengkang Desa Jetis. Kepada koranbernas.id usai menerima bantuan, dirinya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima. Bantuan itu, akan digunakan untuk biaya makan dan kebutuhan sehari-hari.

Bagi Sukinem bantuan tersebut sangatlah berarti. Di usianya yang sudah lanjut, dia tidak mampu lagi produktif seperti dulu dan bisa menekuni pekerjaan apapun.

Kepala Desa Jetis Mulyatno SH yang memimpin langsung penyerahan simbolis BLT DD tersebut mengatakan, bantuan itu merupakan BLT DD tahap 9 tahun 2020.

“Ini adalah BLT dana desa tahap sembilan tahun 2020. Karena kemarin ada aturan agar BLT dana desa disalurkan sembilan kali, maka hari ini kami salurkan. Kalau tahap delapan sudah disalurkan beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Di Desa Jetis kata dia, hanya ada 23 KPM penerima BLT DD tahun 2020. Warga yang lain sudah mendapatkan bantuan lain seperti BST Kemensos, BPNT, PKH dan bantuan sembako.

Pemandangan serupa terjadi di Aula Kantor Desa Kraguman Kecamatan Jogonalan. Di tempat itu ada 162 KPM penerima BLT DD tahap 9 tahun 2020 yang diundang. Agar tidak terjadi kerumunan di lokasi, pemerintah desa menjadwalkan pengambilan BLT DD.

Meski proses penyaluran BLT DD tersebut dijadwal, KPM penerima tampak senang. Seperti halnya penyaluran BLT DD di desa lain, warga yang diundang ke Kantor Desa Kraguman juga wajib mentaati protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

Salah seorang penerima BLT DD Kraguman, Kuatno, warga Dukuh Noyopakan RT 22/RW 11 berterimakasih atas bantuan itu.

“Terimakasih sekali atas bantuan ini. Saya hanya pensiunan swasta yang kini tinggal bertiga sama istri dan anak di rumah. Kami akan memanfaatkan bantuan ini untuk beli kebutuhan sehari-hari,” katanya. (*)

 

 

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini