edukasi-museum-dinilai-sangat-rendah-disbud-diy-gelar-lomba-cerdas-cermatLomba Cerdas Cermat Museum di Hotel Tara, Senin (27/6/2022).(yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Edukasi Museum Dinilai Sangat Rendah, Disbud DIY Gelar Lomba Cerdas Cermat

SHARE

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA --  Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY menggelar Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) 2022 tingkat Sekolah Menengah Pertama tahun 2022 di Hotel Tara, Senin (27/6/2022). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dinas tersebut.


"Peserta lomba ini siswa yang terseleksi dari masing-masing kabupaten dan Kota Yogyakarta," ujar Dian Lakhsmi Pratiwi, Kepala Disbud DIY, di sela pembukaan.


Menurut Dian, berbagai usaha dan inovasi yang dilakukan untuk mengenalkan museum. Namun hingga saat ini edukasi masih sangat rendah. Hal tersebut membuat tingkat kunjungan museum yang kurang maksimal.

"Melalui kegiatan seperti inilah yang menjadi upaya dinas dalam rangka meningkatkan apresiasi baik dari kualitas maupun kuantitas kunjungan museum," ungkapnya.


LCCM 2022 kali ini diikuti sejumlah siswa. Yakni SMPN 1 Sewon Bantul, SMPN 1 Wates Kulonprogo, SMPN 1 Semin Gunungkidul, SMPN 1 Godean Sleman serta SMP Pangudi Luhur 1 Kota Yogyakarta.

Dewan juri LCCM antara lain Agus Tony Widodo dari Asosiasi Guru Sejarah Indonesia DIY, Dosen Sejarah FIB UGM, Bahauddin, Jujun Kurniawan MA (Arkeolog) serta Achid Nur Hidayat SSn (Pengajar Musik SMAN 1 Bantul).

Lomba ini terdiri dari lima babak. Yaitu babak Cepat Tepat, Lempar Rebut, Interaktif, Benar Salah dan Ketepatan Jawaban. Masing-masing babak ini memiliki tingkat kesulitan dan keragaman teknik tersendiri. "Masing-masing regu terdiri dari tiga orang," jelasnya. (*)


TAGS: Disbud  DIY 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini