Selasa, 26 Jan 2021,


fitur-aplikasi-siskeudes-versi-terbaru-lebih-lengkapPeluncuran Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Rilis 2.03 Online. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW

Fitur Aplikasi Siskeudes Versi Terbaru Lebih Lengkap


SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti MA secara resmi meluncurkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Rilis 2.03 Online, Jumat (27/11/2020).

Launching dan sosilasisasi sistem terbaru itu berlangsung secara virtual yang dipusatkan di Command Center Dinkominfo Purworejo.


Tampak hadir Kadinpermasdes Agus Ari Setiyadi S Sos, Plt Dinkominfo Stephanus Aan Isa Nugroho SSTP MSi, Perwakilan BPKP DIY dan sejumlah pejabat OPD terkait, camat beserta kepala desa se-Kabupaten Purworejo.

Yuni Astuti melalui video virtual mengatakan Undang-undang Desa memberi jaminan lebih pasti setiap desa menerima dana transfer dari pemerintah bersumber dari APBN maupun APBD.


“Kebijakan ini memiliki konsekuensi terhadap proses pengelolaan keuangan desa, yang harus dilaksanakan secara profesional, efektif, transparan dan akuntabel,” kata Yuni.

Pengelolaan keuangan desa juga harus berdasarkan prinsip-prinsip manajemen yang baik sesuai aturan yang berlaku, agar terhindar dari risiko penyimpangan, penyelewengan dan korupsi.

Dia menambahkan, pemerintah melalui Kemendagri dan BPKP mengawal dan mendorong akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dengan mengembangkan aplikasi Siskeudes.

“Aplikasi Siskeudes untuk memudahkan pemerintah desa mengelola keuangan desa agar lebih optimal. Juga sebagai alat kendali atau tolok ukur akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, agar sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” kata Yuni.

Aplikasi Siskeudes merupakan alat bantu bagi pemerintah desa melaksanakan tahapan pengelolaan keuangan desa, mulai perencanaan hingga pelaporan dan pertanggungjawaban berbasis aplikasi.

Implementasi penggunaan aplikasi ini sangatlah penting terutama sebagai alat kontrol dan pengawasan keuangan desa serta mendorong penyusunan APBDesa tepat waktu.

“APBDesa merupakan dasar pelaksanaan kegiatan desa dan pencairan dana transfer desa. Semakin cepat pemerintah desa memulai atau melaksanakan kegiatan pembangunan desa pada awal tahun, maka masyarakat akan segera bisa menikmati hasil pembangunan,” tambahnya.

Dia mengatakan, pemanfaatan teknologi sebagai implementasi smart city merupakan salah satu langkah yang cerdas dan tepat dalam pengelolaan keuangan desa.

“Saya berharap dengan penggunaan aplikasi Siskeudes ini, bisa mendukung semua  tahapan  pengelolaan keuangan desa Tahun Anggaran 2021 agar terlaksana dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Agus Ari Setiyadi usai acara menjelaskan Siskeudes Rilis 2.03 Online merupakan Siskeudes versi terbaru. Terdapat beberapa fitur-fitur pengembangan aplikasi Siskeudes yang selama ini telah berjalan.

Siskeudes versi terbaru ini diharapkan lebih memudahkan pemerintah desa melaksanakan penatausahaan keuangan. “Kita sangat berharap bahwa ini didukung, dimanfaatkan dan dioptimalkan seoptimal mungkin oleh teman-teman di desa dan para pelaku kegiatan penatausahaan keuangan di desa,” kata Agus.

Ke depan, pengembangan aplikasi akan terus dilakukan agar fitur-fitur dalam aplikasi Siskeudes semakin lengkap. Tujuan akhir adalah lebih memudahkan pengelolaan keuangan di desa. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini