Gandung Didesak Maju ke DPR RI

188
Gandung Pardiman diwawancarai wartawan usai acara Curah Pendapat, Sabtu (07/07/2018), di Graha GPC Imogiri Bantul. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Semua elemen Partai Golkar DIY mendesak Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar DIY Drs HM Gandung Pardiman MM maju ke Senayan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI 2019-2024 dari daerah pemilihan (dapil) DIY.

Dukungan itu disampaikan pada acara Curah Pendapat Gandung Pardiman for DPD RI or DPR RI, Sabtu (07/07/2018) di Graha GPC Imogiri Bantul.

Sedianya, acara tersebut dimaksudkan untuk mencari masukan dan saran tapi di luar dugaan justru berubah menjadi forum dukungan. Semua DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota se-DIY serta organisasi sayap mendorong Gandung Pardiman tidak usah  lagi mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI tetapi langsung saja DPR RI.

“Sejalan dengan perkembangan politik, ada pilihan lain yang harus dipertimbangkan,” ungkap Erwin Nizar, panitia acara tersebut.

Satu per satu perwakilan selain menuliskan pilihan di form yang sudah disediakan, juga menyampaikan langsung pendapat mereka di forum resmi tersebut.

Perwakilan KPPG dan AMPG menyampaikan masukan pada forum Curah Pendapat. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Mewakili Ketua DPD Partai Golkar DIY yang tidak hadir, Agus Subagyo mendukung langkah Gandung Pardiman,  yang dijadwalkan sebentar lagi dilantik jadi anggota DPR RI menggantikan Titiek Soeharto, berjuang untuk rakyat DIY di DPR RI bukan DPD RI.

Pertimbangannya, Gandung Pardiman sebagai orang asli Bantul tahu persis aspirasi rakyat Yogyakarta baik yang terkatakan maupun tak terkatakan. Apalagi, guru besar Partai Golkar ini merangkak dari bawah.

Baca Juga :  Pakar Geologi Sarankan Pemerintah Lakukan Lompatan Besar

Mewakili rekan-rekannya, Rani Widayati dan Janu Ismadi dari DPRD DIY juga mendesak yang bersangkutan melupakan pencalonan DPD RI dan berganti haluan ke DPR RI.

Demikian pula, Ahmad Subangi dan Marsiono selaku Wantim Golkar DIY, memintanya tidak usah galau dan langsung saja ke DPR RI, sekaligus menjadi penyelamat Partai Golkar. Perwakilan dari Hasta Karya, Ani Widayani, bahkan bertekat bulat memberikan dukungan.

Menanggapi desakan kuat dari arus bawah, Gandung Pardiman mengatakan politik adalah seni mengelola orang banyak.

“Mengapa saya mengadakan pertemuan seperti ini secara formal meminta pendapat? Karena saya tak ingin mencederai kepercayaan yang telah diberikan kepada saya,” ungkapnya.

Curah Pendapat Gandung Pardiman for DPD RI or DPR RI. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Yang pasti, dia akan meminta petunjuk  Allah SWT karena manusia hanya bisa merencanakan sedangkan yang menentukan adalah Allah SWT. Semua itu di luar nalar manusia, seperti halnya tiba-tiba Titiek Soeharto keluar dari Partai Golkar.

Dalam waktu dekat, Gandung akan membentuk tim kecil untuk merumuskan dukungan tersebut, sekaligus membahas 200 ribu suara dari Partai Golkar DIY yang nantinya diberikan  untuk DPD RI. Jika suara itu menyatu sudah satu  kursi DPD RI.

“Saya akan adakan perenungan. Dari 8.537 (dukungan di medsos), yang 19 persen mendukung saya DPD RI dan 81 persen mendukung DPR RI dengan berbagai alasan yang saya pikir logis. Untuk itu saya akan segera memutuskan pilihan yang mana yang tepat,” tegasnya.

Baca Juga :  MI Ma’arif NU Pancasan Pawai Ta'aruf Sambut Ramadan

Yang jelas, lanjut dia, sebagai kader Partai Golkar dirinya tidak akan mungkin egois mengejar jabatan tapi bagaimana caranya membesarkan Partai Golkar.

“Kami nanti akan dibantu tim dan saya ucapkan terima kasih kepada DPD kabupaten/kota se-DIY yang resmi memberikan dukungan kepada saya sebagai caleg 2019-2024 dari Partai Golkar DIY,” kata dia.

Kemungkinan dua atau tiga hari ke depan perlu untuk digelar deklarasi penentuan pilihan. “Saya hanya ingin  sampaikan ke masyarakat dan menghormati pendukung saya DPD RI supaya tidak terkejut jika saya tidak memilih DPD RI. Dan saya juga menghormati teman-teman saya yang 81 persen memberi dukungan ke DPR RI,” tambahnya.

Menjawab pertanyaan kemungkinan suara Golkar DIY lari ke Titiek Soeharto, mantan Wakil Ketua DPRD DIY ini optimistis Golkar DIY tetap solid.

“Internal Golkar tidak terpengaruh sedikit pun. Nanti kita akan adakan suatu pembelajaran, bagaimana kondisi kita di lapangan. Sejauh ini mereka tidak tergoyahkan. Nanti kita akan kaji di lapangan, paling tidak suara Golkar tidak hilang,” kata Gandung Pardiman. (sol)