gelar-soswatif-bawaslu-ajak-masyarakat-wujudkan-pemilu-demokratisKetua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq memberikan sambutan. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Gelar Soswatif, Bawaslu Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu Demokratis

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO--Bawaslu Kabupaten Purworejo mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mewujudkan pemilu demokratis dalam Pemilu Serentak Tahun 2024. Hal tersebut digelar dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif (Soswatif), Kamis (6/10/2020) di Ballroom Hotel Plaza Purworejo.


Hadir sebagai narasumber anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (2017-2022) Dr. Sri Wahyu Ananingsih, SH, M.Hum. dan Anggota Bawaslu Purworejo Anik Ratnawati S.Pd.

  • Linmas Harus Aktif Bantu KPU
  • Ribuan APK Terpasang Melanggar Aturan

  • Bawaslu dalam kegiatan tersebut mengundang camat se Kabupaten Purworejo, tokoh agama, organisasi masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait.

    Anik Ratnawati menyampaikan, bahwa semua masyarakat pengguna hak pilih diharapkan untuk turut berpartisipasi mengawasi semua tahapan pemilu, mulai dari pemutakhiran data pemilih hingga tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang rentan terhadap pelanggaran

  • Tumbuhkan Kesadaran Politik dengan Balon

  • Ia mengatakan, jika bukan sebagai peserta pemilu, Bawaslu berharap masyarakat bisa menjadi pengawas partisipatif, dengan menjadi penyelenggara pemilu atau menjadi pemilih yang cerdas dan bijak, demi mendapatkan pemimpin yang berintegritas dan demokrasi yang bermartabat. Masyarakat juga bisa melaporkan kepada pengawas jika terjadi dugaan pelanggaran di setiap tahapan pemilu, baik itu pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu,pemilih maupun penyelenggara pemilu.

    Menurut Sri Wahyu Ananingsih, ada risiko ketika masyarakat tidak terlibat dalam pemilu. Yakni melemahnya kepercayaan masyarakat terhadap demokrasi dan melemahnya kapasitas pemimpin yang dihasilkan.

    Sementara itu Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq mengatakan, kegiatan soswatif tersebut bagian dari pelaksanaan tugas konstitusional Bawaslu.

    “Kegiatan soswatif digelar untuk mengembangan pengawasan partisipatif dan mendorong peningkatan peran masyarakat dalam Pemilu Serentak 2024,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima koranbernas.id, Kamis (6/10/2022). (*)

     

     



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini