Senin, 25 Jan 2021,


gubernur-diy-menginstruksikan-perketat-protokol-kesehatan-sampai-tingkat-desaGubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)


Yvesta Putu Ayu Palupi

Gubernur DIY Menginstruksikan Perketat Protokol Kesehatan Sampai Tingkat Desa


SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah kabupaten/kota di DIY diminta memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes). Hal ini penting menyusul tren penularan Covid-19 di DIY semakin tinggi saat ini.

“Karena apa yang terjadi dari data-data yang masuk setiap hari bagi saya ini tidak hanya masalah pergi tapi komunikasi sesama tetangga,” ungkap Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur DIY, di Kepatihan Yogyakarta, Jumat (4/12/2020).


Menurut Sultan, pengetatan prokes diharapkan bisa sampai ke tingkat desa. Sebab dari laporan gugus tugas, penularan banyak terjadi dari lingkungan.

Gubernur DIY saat ini sudah mengeluarkan instruksi untuk memperketat prokes hingga ke tingkat desa. Diharapkan kabupaten/kota bisa melaksanakan kebijakan tersebut dalam rangka mengantisipasi semakin tingginya kasus Covid-19 di DIY.


Apalagi dalam waktu dekat akan ada libur panjang akhir tahun. Dimungkinkan DIY akan didatangi wisatawan dari berbagai daerah. Tanpa kewaspadaan tersebut maka dikhawatirkan kasus semakin melonjak.

Pemda tidak akan melarang wisatawan untuk berkunjung ke DIY. Namun semua pihak diminta mematuhi prokes untuk mengantisipasi penyebaran virus.

“Bukan berarti kita membatasi harus tinggal di rumah tapi dirinya sendiri punya kesediaan untuk mengantisipasi,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo, mengungkapkan kawasan wisata diharapkan mempersiapkan diri menghadapi libur akhir tahun. Pengelola diminta mematuhi prokes dengan ketat.

“Semua fasilitas prokes harus dipastikan tersedia karena wisatawan datang dari berbagai daerah,” pintanya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini