gubes-ugm-cornelius-lay-berpulangGuru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas UGM, Cornelis Lay saat menyampaikan pidato ilmiah dalam pengukuhan gubes di kampus setempat, 6 Februari 2019. (istimewa)


Redaktur

Gubes UGM, Cornelius Lay Berpulang

SHARE

KORANBERNAS.ID, JOGJA -- Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM), Cornelis Lay meninggal dunia, Rabu (5/8/2020). Cornelis meninggal sekitar pukul 04.00 WIB di Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta.

Almarhum rencananya akan disemayamkan di UGM, Kamis (6/8/2020). Setelah upacara penghormatan, almarhum akan dimakamkan di makam UGM Sawitsari.


Baca Lainnya :

"UGM sedang berduka dan sangat kehilangan salah satu putra terbaik kami. Semangat dan pengabdian beliau selama ini untuk UGM begitu besar," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, Rabu Siang.

Sebagai informasi, Cornelius dikukuhkan sebagai gubes pada 6 Februari 2019 lalu di UGM. Saat dikukuhkan, suami dari Jeanne Cynthia Lay Lokollo tersebut menyampaikan pidato ilmiah berjudul "Jalan Ketiga Peran Intelektual: Konvergensi Kekuasaan dan Kemanusiaan".


Baca Lainnya :

Cornelous lahir di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) 6 September 1959. Dalam pemilihan presiden 2014 lalu, dia dipercaya menjadi ketua tim ahli dan pakar politik tim Pemenangan dan Perumus Jokowi-JK.

Cornelius menghabiskan pendidikan S1 di UGM. Di kampus tersebut dia sempat aktif dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Karir Cornelius dimulai saat menjadi staf pengajar di almamaternya sekaligus peneliti Pusat Antar Universitas (PAU) Studi Sosial UGM. Melanjutkan studi di St. Mary’s University, Halifax, Kanada, dia meraih gelar Master of Arts (M.A.) dalam bidang International Development Studies pada 1992.

Cornelis pernah menjabat sebagai Kepala Unit Penelitian serta Pembantu Dekan III Bidang Penelitian dan Kerja Sama (2008-2010) Fisipol UGM. Dia juga pernah menjadi Kepala Biro Politik dan Pemerintahan Dalam Negeri di Kantor Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri. (yve)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini