Hari Terakhir Pelayanan, Truk dan Pick-Up Mendominasi Uji KIR

155
Petugas sedang melakukan uji KIR kendaraan. (dokumentasi)

KORANBERNAS.ID—Pelayanan uji kir angkutan barang di Dinas Perhubungan Klaten pada hari terakhir pelayanan, Selasa (12/06/2018) didominasi kendaraan truk dan pick-up. Meski demikian pemohon uji kir menurun drastis bila dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Klaten Sudiyarsono mengatakan angkutan barang seperti truk, pick-up dan mobil boks wajib melakukan uji kir. Namun pada hari terakhir pelayanan hanya ada sekitar 25 kendaraan saja.

“Ada sekitar 25 kendaraan yang datang. Tapi sehari sebelumnya 70 kendaraan. Dengan 80 persen truk dan mobil pick-up,” kata Sudiyarsono.

Pada cuti bersama Lebaran tahun ini, kata dia, pelayanan uji kir kendaraan terakhir pada Selasa. Rabu hingga Kamis (13-20/06/2017) layanan libur, dan baru akan dibuka lagi 21 Juni 2018.

Baca Juga :  Nekat Garap Proyek, Kades Pulangkan Pekerja yang Membangun Tower

“Jika ada kendaraan yang uji kirnya jatuh tempo pada saat liburan maka bisa mengurus pada tanggal 21 Juni atau 22 Juni. Tidak dikenakan denda,” jelasnya.

Senada dikemukakan Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Klaten Joko Suwanto. Kepada koranbernas.id, dia menjelaskan seiring dengan cuti bersama libur Lebaran tahun ini,  pelayanan uji kir kendaraan diliburkan sejak Rabu-Kamis (13-20/06/2018).

Sriyono, pemilik mobil pick-up yang ditemui di Dinas Perhubungan mengatakan dirinya datang ke Dinas Perhubungan untuk melakukan uji kir kendaraan karena mobilnya sering digunakan mengangkut sapi.

“Untuk angkut sapi kalau saat pasaran. Ya ke Boyolali, Prambanan, Pedan, Klaten dan Jatinom,” kata warga Jatinom itu. (SM)

Baca Juga :  Pasar Ini Selalu Banjir Saat Hujan