hasil-tmmd-harus-dijaga-dan-dipeliharaDanrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, saat menghadiri penyerahan hasil TMMD ke-110 Kodim 0702/Purbalingga, Rabu (31/3/2021). (istimewa)


Siaran Pers
Hasil TMMD Harus Dijaga dan Dipelihara

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURBALINGGA -- Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, yang juga selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan), menghadiri penyerahan hasil TMMD ke-110 Kodim 0702/Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Pemkab Purbalingga, Rabu (31/3/2021).


Hasil pelaksanaan program TMMD ke-110 ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima dan dilaksanakannya serah terima naskah dari Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas, selaku Dansatgas TMMD kepada Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

  • Purbalingga Kirim 29 Pelajar ke Lomba Mapsi Tingkat Provinsi
  • Atlet Arung Jeram Purbalingga Persembahkan Emas

  • Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin mengungkapkan, program TMMD merupakan upaya guna membantu Pemerintah Daerah dalam mengakselerasi pemerataan pembangunan di daerah serta guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan tujuan untuk memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh.

    "TMMD yang dilaksanakan ini dalam rangka mendukung percepatan pembangunan pedesaan dan sekaligus sebagai wahana mempertahankan dan memupuk semangat tradisi dan budaya bangsa, semangat kegotongroyongan masyarakat," terangnya.

  • Pariwisata Purbalingga Jadi Barometer
  • Siswi SMPN 3 Purbalingga Finalis LME Tingkat Nasional

  • Menurut Danrem, kegiatan fisik dalam TMMD menjadi daya dukung peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah pedesaan. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, kegiatan yang dilaksanakan dalam TMMD memberikan manfaat bagi masyarakat. Sedangkan kegiatan non-fisik, sebagai wahana dan sarana yang efektif dalam pemberdayaan masyarakat diberbagai bidang kehidupan sosial, pendidikan, kesehatan, keamanan dan sebagainya.

    “Diharapkan dengan adanya TMMD, masyarakat mempunyai daya dan upaya untuk mandiri agar terlepas dari belenggu kemiskinan dan keterbelakangan dan sekaligus daya tangkal kuat atas berbagai potensi ancaman dan gangguan yang membahayakan kondusifitas wilayah serta tetap tegaknya NKRI,” terangnya.

    Terkait dengan telah dirampungkannya pelaksanaan kegiatan TMMD 110, Danrem 071/Wijayakusuma menyampaikan bahwa TMMD tidak hanya dilihat dari keberhasilannya saja, namun lebih dari itu sebagai wahana perwujudan kebersamaan antara TNI dengan masyarakat untuk bekerja bahu membahu membangun wilayah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sebagai wujud kemanunggalan TNI-Rakyat.

    “Hasil TMMD ini harus dipelihara dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai bangunan yang sudah bagus ini dirusak atau dikotori serta tidak digunakan sebagaimana fungsinya. Dalam merawat atau pun menjaga, tidak hanya masyarakat yang ada di wilayah pelaksanaan TMMD, akan tetapi juga dilaksanakan oleh aparat kewilayahan setempat. Aparat kewilayahan harus bersinergi menjaga dan merawat hasil pembangunan TMMD ini,” kata Danrem.

    Danrem juga mengapresiasi segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan Satgas TMMD maupun semua pihak yang telah turut terlibat membantu dalam kesuksesan gelaran TMMD. Selain itu, Danrem juga menegaskan kesiapan jajarannya untuk dapat membantu dan diterjunkan dalam upaya melaksanakan berbagai pembangunan lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, meskipun di medan yang tersulit sekali pun.

    Danrem menambahkan, keberhasilan ini tentunya tidak terlepas adanya kerja sama dari pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Kementerian terkait dan partisipasi segenap komponen masyarakat. "TMMD ini bagian dari bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat," katanya.

    Selain itu, Danrem juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung keberhasilan program TMMD ke-110, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di sekitar wilayah pelaksanaan TMMD.

    Terkait dengan masa pandemi Covid-19, Danrem mengatakan, hingga saat ini pandemi Covid-19 di wilayah Purbalingga belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Untuk itu, diharapkan kepada aparat Pemda, Prajurit TNI dan Polri agar tidak pernah bosan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes), sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. (*)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini