Kamis, 22 Apr 2021,


ingatkan-protokol-kesehatan-mahasiswa-umby-ciptakan-alarm-khusus-Mahasiswa UMBY menciptakan alarm protokol kesehatan. (istimewa)


Sariyati Wijaya
Ingatkan Protokol Kesehatan, Mahasiswa UMBY Ciptakan Alarm Khusus

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Sebuah inovasi dilakukan oleh Kelompok 41 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).  Mereka melakukan inovasi dalam rangka mendukung terlaksananya protokol kesehatan (prokes) demi mencegah penyebaran Covid-19.


“Ini adalah bentuk dari inovasi yang dilakukan para mahasiswa dan berkontribusi untuk menekan dan mencegah penyebaran Covid-19, khususnya bagi pedagang Pasar Gentan Sleman,” kata Humas UMBY Widarta MM kepada koranbernas.id, Selasa (23/02/2021) siang, di kampus I UMBY Jalan Wates KM 10, Sedayu Bantul.


Inovasi yang dimaksud Widarta bentuknya adalah alarm pengingat protokol kesehatan. Agung Prabowo Ketua Kelompok KKN 41 mengatakan, alarm diciptakan sebagai pengingat untuk pedagang dan pengunjung Pasar Gentan agar patuh mengikuti prokes yang diterapkan di pasar Gentan.

“Alarm pengingat mengikuti protokol kesehatan diatur secara otomatis dan berkala. Isinya himbauan untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, sebelum dan sesudah memasuki atau selama berada dalam area Pasar Gentan. Juga untuk jaga jarak,” katanya.


Dirinya menilai dengan alarm ini akan tumbuh kepedulian untuk tetap patuh protokol kesehatan  dibanding ketika dipasangi tulisan saja.


“Mengingat sudah 1 tahun kita berada di masa pandemi jadi tidak heran juga jika kesadaran masyarakat akan penerapan protokol ini mulai menurun” tutur Agung.


Dari hasil wawancara para mahasiswa dengan para pedagang, adanya alarm disambut baik, dan agar bisa disambungkan ke seluruh pelantang (speaker) pasar agar  lebih terdengar nyaring.

Alarm patuh protokol kesehatan, lanjut Agung, memiliki dampak awareness yang cukup baik bagi pedagang dan pengunjung Pasar Gentan agar selalu ingat pentingnya mematuhi prokes. (*)

 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini