jalan-corblok-tmmd-memperlancar-distribusi-hasil-pertanianKustini Sri Purnomo meresmikan corblok jalan yang merupakan salah satu hasil dari program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022, Rabu (24/8/2022). (istimewa)


Nila Hastuti
Jalan Corblok TMMD Memperlancar Distribusi Hasil Pertanian

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN--Penyelenggaraan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 di Padukuhan Pancoh, Girikerto, Turi, Kabupaten Sleman resmi ditutup, Rabu (24/8/2022). Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II ditandai dengan penandatanganan dokumen oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan Komandan Kodim 0732/Sleman, Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang. Kemudiandilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Komandan Kodim 0732/Sleman, Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang selaku Inspektur Upacara Penutupan TMMD didampingi Bupati Sleman, Ketua DPRD Sleman, Kasilog Kasrem 072/Pamungkas dan Kapolres Sleman.


Bupati Kustini sekaligus meresmikan corblok jalan yang merupakan salah satu hasil dari program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 ini. Jalan ini merupakan penghubung antara Dusun Pancoh dan Dusun Glagahombo.


Kustini menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dandim 0732/Sleman beserta jajaran atas terlaksananya program TMMD ini.

“Pembangunan jalan penghubung ini tentu sangat bermanfaat dan merupakan upaya kita bersama untuk memajukan sarpras yang ada di wilayah Girikerto ini. Harapannya keberadaan sarana ini dapat memacu perkembangan ekonomi masyarakat Dusun Pancoh, Glagahombo dan sekitarnya,” kata Kustini.


Kustini berharap, sarana jalan yang merupakan hasil kolaborasi masyarakat dan TNI AD ini dapat dirawat agar tidak mengalami kerusakan dan umur pakainya pun lebih lama. Selain itu juga diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan pembangunan dan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah juga akan meningkat.

Sementara Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang menuturkan pada pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 terdapat beberapa kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non- fisik dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam pelaksanaanya.

“Pelaksanaan TMMD ini sangat membantu masyarakat dengan dibangunnya infrastruktur jalan yang diharapkan dapat memperlancar transportasi hasil pertanian sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Girikerto dan sekitarnya,” tuturnya.

Adapun kegiatan fisik yang telah dilakukan dalam TMMD ini yaitu pembuatan corblok jalan dengan panjang 403,5 meter, lebar 3 meter dan tebal 12 cm. Selain itu juga dilakukan pembuatan talud jalan dengan panjang 352 meter, tinggi 70 meter dan lebar atas 30 centimeter. Kemudian juga dilaksanakan pembangunan tambahan seperti lantainisasi dan plesterisasi rumah Poniyem.

Sedangkan kegiatan non-fisik yang telah dilaksanakan dalam TMMD ini yaitu penyuluhan pencegahan stunting atau sumber gizi yang baik untuk ibu hamil dan anak yang bekerjasama dengan Dinkes Sleman, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan NAPZA bekerjasama dengan BNN Sleman dan penyuluhan dan pencegahan kejahatan jalanan bekerjasama dengan Polres Sleman.

Pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 ini telah dilaksanakan selama 30 hari yakni mulai tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022 bertempat di Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi. Peserta TMMD terdiri dari 43 orang anggota TNI, 10 orang anggota Polri, 10 orang Linmas dan masyarakat sebanyak 80 orang. (*)

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini