jangan-pilih-lurah-karena-imingiming-atau-pemberianZahrowi, Ketua Ketua Forum Masyarakat Peduli Bantul Bebas Politik Uang. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Jangan Pilih Lurah karena Iming-iming atau Pemberian

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Sebanyak 21 kalurahan akan menggelar Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) serentak, 25 September mendatang. Dalam perhelatan demokrasi enam tahunan ini diharapkan bebas dari segala bentuk politik uang. Namun masyarakat benar-benar mencari sosok pemimpin  berdasarkan figurnya, visi dan misi yang diusung, semangat rela berjuang, berkorban, mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, jujur serta memiliki tujuan mensejaherakan masyarakat di kalurahanya.


Hal itu dikatakan oleh Zahrowi, Ketua Forum Masyarakat Peduli  Bantul Bebas Politik Uang, saat ditemui koranbernas.id di kediamanya di Plebengan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Kamis (14/4/2022).


“Jangan memilih calon lurah karena iming-iming atau pemberian. Jadi, politik uang atau money politics harus kita perangi bersama,” kata Zahrowi.

Menurutnya, Aparat Penegak Hukum (APH) harus menjadi garda terdepan untuk mencegah politik uang. APH harus memberikan edukasi terkait politik uang, bentuk-bentuknya, maupun ancamanya. Dengan demikian bagi masyarakat atau pun calon lurah yang akan bertarung memahami hal tersebut  dan menghindarinya.


“Dalam Pilurdes ada yang namanya cost politic (biaya politik,red) dan ada money politics. Kalau cost itu biaya yang memang keniscayaan yang harus dikeluarkan oleh calon. Tapi kalau untuk money politics, harus stop. Kita harus menggelar Pilurdes secara demokratis dan fairplay. Di sinilah perlunya masyarakat memahami esensi demokrasi dan kedaulatan di tangan rakyat,” kata pensiunan guru SD tersebut.  

Selain mencederai demokrasi, dalam ajaran agama, perbuatan suap menyuap juga dilarang. Baik yang melakukan atau pun yang menerima.

Khusus untuk Kalurahan Sidomulyo, di mana dirinya tinggal, Zahrowi berharap momentum pemilihan Lurah Sidomulyo tahun 2022 bisa dimanfaatkan masyarakat secara optimal agar terpilih lurah yang amanah, rela berjuang, berkorban dan berdarma bakti guna wujudkan Sidomulyo Secerah yakni Sehat, Cerdas dan Sejahtera.

“Mengingat dampak krisis eksistensi-konsumtif yang menyertai  hidup-kehidupan sangat terasa menjadi hambatan terwujudnya tujuan dan  target capaian Secerah bagi masing-masing  individu dan rumah tangga/keluarga,” katanya.

Selain itu, merujuk fakta, saat ini Sidomulyo juga terdampak dengan kompleksitas masalah multi dimensi, maka lurah terpilih diharapkan mampu memfasilitasi masyarakat yang terlanda konsumtif, materialis, individualis, apatis dan  machiavelis dengan media edukatif Secerah Pancasilais. Yakni bagaimana meletakan konstitusi negara berdasarkan Pancasila. Dan dari segi teroitorial diharapkan Sidomulyo bisa menjadi miniatur NKRI .

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentu membutuhkan lurah yang sehat, cerdas, negarawan, Pancasilais, amanah untuk wujudkan pembukaan UUD 1945 alinea IV dan peraturan perundangan yang mengatur. Lurah tak sebatas prestisius formalis jabatan sosial dengan transaksi jual beli, namun bagaimana  terwujud keamanan, ketahanan dan mendukung  keutuhan keselamatan dan kedaulatan NKRI,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Bantul, Sri Nuryanti M.Si, mengatakan 21 kalurahan yang ikut Pilurdes serentak adalah Kalurahan Sidomulyo, Mulyodadi dan Sumbermulyo, semua di Kapanewon Bambanglipuro.

Kapanewon Banguntapan meliputi Kalurahan Banguntapan,Jagalan dan Potorono. Kapanewon Bantul ada Palbapang dan Trirenggo.

Kapanewon Dlingo adalah Kalurahan Jatimulyo.  Lalu ada Kalurahan Kebonagung (Imogiri),Trimulyo (Jetis), Tirtomulyo dan Tirtosari di Kapanewon Kretek.

Pilurdes juga akan digelar di Gilangharjo dan Wijirejo di Kapanewon Pandak, Seloharjo (Pundong) serta Gadingsari dan Murtigading di Kapanewon Sanden. Untuk Kapanewon Sedayu meliputi Argosari dan Argomulyo serta Kalurahan Bangunharjo Kapanewon Sewon. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini