Kamis, 22 Apr 2021,


jokowi-jajal-krl-hingga-stasiun-klatenPresiden Joko Widodo menjajal KRL usai peresmian moda tersebut di Stasiun Tugu Yogyakarta. (yvesta putu ayu palupi/koranbernas.id)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Jokowi Jajal KRL hingga Stasiun Klaten

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menutup rangkaian kunjungan ke DIY dengan meresmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo. Peresmian dilaksanakan di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (1/3/2021).


Presiden kali ini didampingi Mensesneg Pratikno, Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Selain itu Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto serta Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar.


Jokowi sempat menjajal KRL bersama para pejabat hingga ke Stasiun Klaten.  Presiden kemudian bertolak ke Jakarta dari Bandara Adisutjipto.

Dalam peresmian tersebut, Jokowi mengapresiasi KRL sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan. Menggunakan teknologi listrik, moda ini diharapkan memudahkan mobilisasi masyarakat.


Presiden mendorong moda transportasi massal lebih ramah lingkungan. “Ini sebuah efisiensi yang bagus sekali, Yang paling penting KRL ini ramah lingkungan,” paparnya.


Jokowi berharap keberadaan KRL bisa meningkatkan pariwisata dan sektor ekonomi lainnya. Apalagi biaya operasional moda tersebut cukup terjangkau bagi masyarakat. “Saya diberitahu kereta ini lebih cepat dibandingkan Prameks,” ungkapnya.


Sri Sultan HB X menambahkan, keberadaan KRL sangat bermanfaat dalam rangka mendukung mobilitas masyarakat, baik pelajar maupun pekerja. Selama ini  banyak warga DIY menggunakan Prameks untuk mobilisasi keluar-masuk DIY sejak pagi hingga sore.

“Semoga saja KRL menjadi piilhan bagi warga masyarakat dengan harapan tepat waktu karena akan kuliah dan bekerja," ungkapnya. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini