karyawan-hotel-harus-cepat-tanggap-menangani-bencana-kebakaranAktivitas Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di HARPER Malioboro Yogyakarta. (Istimewa)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Karyawan Hotel harus Cepat Tanggap Menangani Bencana Kebakaran

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa, jika pengelola bangunan tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Risiko kebakaran bisa terjadi pada berbagai bangunan, termasuk bangunan hotel dan sangat merugikan perusahaan serta karyawan.


Untuk itu, Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta berupaya memaksimalkan keterampilan cepat tanggap Emergency Response Team (ERT) dengan memberikan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran yang diikuti oleh seluruh staf hotel HARPER Malioboro Yogyakarta pada Minggu (24/7/2022).


Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran ini bekerja sama dengan Patigeni Yogyakarta dan dipimpin langsung Arifin selaku Koordinator Patigeni Yogyakarta. Arifin menyampaikan materi mitigasi bencana.

"Kemudian sesi praktek menggunakan alat pemadam kebakaran," ujar Wawan E Sukmawan selaku General Manager Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/7/2022).


Dalam kegiatan pelatihan tersebut, para karyawan tak hanya diberikan pelatihan mengenai pemicu munculnya api sampai terjadinya kebakaran. Mereka juga dilatih untuk berkoordinasi saat terjadi bencana serta mempersiapkan diri agar lebih tenang dalam menghadapi situasi yang berbahaya.

Pelatihan tentang penggunaan alat pemadam kebakaran seperti APAR dan Fire Blanket juga diberikan. Salah satu cara untuk memadamkan api adalah dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi.

Kain yang sudah dibasahi tersebut kemudian diangkat menutupi tangan dan juga wajah agar bisa melindungi anggota tubuh, setelah itu arahkan dan tutup kain tersebut ke arah api sampai api benar-benar padam. Selain menggunakan kain basah, para karyawan juga dilatih untuk menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang berbahan karbondioksida dan juga chemical powder (bubuk bahan kimia).

"Selain itu para karyawan juga diarahkan untuk menggunakan selang air yang terdapat di area hotel," ujarnya.

Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta yang fokus dalam industri jasa dan pelayanan, terus berkomitmen memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu karyawan sebagai garda terdepan penyedia jasa juga harus diberikan pelatihan penanggulangan kebakaran.

​Melalui kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran ini, Hotel HARPER Malioboro Yogyakarta berharap para tamu menjadi lebih nyaman dan aman ketika berkunjung maupun menginap.

"Sehingga dapat menunjang dalam memberikan pelayanan terbaik dan cepat tanggap saat terjadi kebakaran di area hotel," paparnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini