Minggu, 24 Okt 2021,


kasal-meninjau-vaksinasi-drive-thruKepala Staf TNI AL, Marsekal TNI Yudo Margono MM, meninjau pelaksanaan vaksinasi dengan sistem drive thru di selasar Sportorium UMY, Senin (17/9/2021). (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Kasal Meninjau Vaksinasi Drive Thru

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Kepala Staf TNI AL, Marsekal TNI Yudo Margono MM, melakukan peninjauan serbuan vaksinasi di selasar Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin, (27/9/2021). Vaksinasi ini kerja sama antara TNI AL dengan pihak kampus UMY.


Vaksinasi dengan sasaran 3.000 orang, baik mahasiswa ataupun umum, tersebut menggunakan sistem drive thru. Sehingga peserta tidak perlu duduk antre menunggu panggilan. Namun mereka menggunakan kendaraan, baik roda dua ataupun empat, masuk lokasi dan berhenti di tenda pertama untuk pendataan, ukur suhu dan skrining.


Selanjutnya naik kendaraan menuju tenda kedua dan mendapat suntikan. Dan tahap terakhir mereka diobservasi paska vaksinasi. Ketika tidak ada gejala, mereka diijinkan pulang. Alur terlihat lancar dan cepat.

"Serbuan vaksinasi oleh TNI AL ini adalah sebuah upaya untuk memutus penyebaran mata rantai Covid-19," kata KSAL. Sebab dengan vaksin akan terjadi herd immunity dan bentuk antisipasi terhadap dampak Covid-19.


Untuk TNI AL sendiri sebelumnya telah melaksanakan vaksinasi bagi warga pesisir, warga pulau terluar dan kampung nelayan. Vaksinasi sudah tercapai dengan total satu juta dosis lebih.

"Selanjutnya kami ke tengah dan masuk ke kampus-kampus. Harapanya, ketika nanti dilakukan tatap muka dalam proses belajar mengajar, semua akan sehat," katanya.

Sementara Rektor UMY, DR Gunawan Budiyanto, mengatakan pihaknya melakukan vaksinasi bekerja sama dengan Polda DIY, TNI AD atau pihak Korem dan sekarang dengan TNI AL.

"Ini adalah bentuk kecintaan TNI AL kepada mahasiswa dengan program nyata tidak menggunakan birokrasi ruwet. Tapi jalur yang cepat," kata rektor.

Untuk itulah dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI AL. Untuk UMY sendiri capaian vaksinasi mahasiswa hingga saat ini adalah 91.5 persen dengan jumlah 17.000 dosis.

"Saya mengapresiasi adanya vaksinasi drive thru yang cepat dan sangat memudahkan kami," kata Yunanto, salah seorang mahasiswa.

Vaksinasi ini sangat besar artinya bagi mahasiswa dalam menghadapi pandemi Covid-19. "Wah vaksinya cepat sekali. Saya suka sistem drive thru seperti ini," kata Aji Soka, mahasiswa lainya. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini