Kembali ke DPRD DIY, Anggota Dewan Ini Peroleh Ucapan Selamat

114
Tutiek Masria Widya, di ruang Fraksi PAN DPRD DIY, beberapa saat usai dilantik, Kamis (29/03/2019). (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Tutiek Masria Widyo, mantan pimpinan DPRD DIY periode 2009-2014, memperoleh ucapan selamat dari rekan-rekannya setelah resmi bergabung kembali ke lembaga legislatif tersebut.

Anggota dewan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menggantikan Sutata, melalui mekanisme pengganti antarwaktu (PAW). “Alhamdulillah, Tutiek Masria Widyo tidak asing lagi. Kami ucapkan selamat datang, selamat bergabung kembali,” ungkap Dharma Setiawan, Wakil Ketua DPRD DIY.

Ucapan selamat ini dia sampaikan pada Rapat Paripurna (Rapur) Istimewa Peresmian dan Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD DIY Pengganti Antarwaktu Sisa Masa Jabatan 2014-2019, Kamis (29/03/2018), disertai harapan semoga yang bersangkutan cepat menyesuaikan diri mengingat padatnya agenda dewan.

Rapur Istimewa DPRD DIY, Kamis (28/03/2019) dengan agenda PAW anggota dewan. (sholihul hadi/koranbernas.id)

“Semoga kehadiran Tutiek Masria Widyo memberi warna lembaga DPRD DIY yang terhormat,” kata Dharma. Pelantikan dan pengucapan sumpah dan janji dipandu oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto, koleganya satu fraksi.

Baca Juga :  Sahid Jaya Hotel Lepas Karyawan Purnatugas

Pelantikan ini mengacu Surat Keputusan (SK) Mendagri tertanggal 5 Maret 2018, menindaklanjuti surat usulan PAW dari DPW PAN DIY tertanggal 7 Desember 2017 atau sekitar empat bulan sebelumnya. “Mekanisme PAW merupakan hal biasa yang iuga terjadi di partai lain,” tambah Dharma.

Tak lupa dia juga menyampaikan apresiasi untuk Sutata yang sudah melakukan pengorbanan menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD DIY, meski saat rapat paripurna Sutata terlihat tidak hadir.

Ketua DPW PAN DIY, Nazarudin, menyampaikan keterangan pers usai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD DIY. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Kepada wartawan usai pelantikan, Ketua DPW PAN DIY, Nazarudin, menyampaikan PAW bukan diartikan partai mencari pekerjaan.

Pelantikan Tutiek Masria Widyo merupakan salah satu dari enam proses PAW. “Bukan begitu, kami sejak awal ingin menegakkan aturan. Legitimasi sebagai sebagai wakil rakyat itu harus kuat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Berburu Kuliner Zaman Sunan Giri di Bantul

Dia menilai soal PAW partainya memang sedang pegang rekor. Tapi jika mau jujur perolehan suara dari 55 anggota DPRD DIY pada Pemilu 2014 tidak ada yang mencapai 50 plus 1. Rata-rata 20 persen bahkan ada yang di bawah itu. (sol)