Sabtu, 15 Mei 2021,


klaten-sepuluh-besar-terbaik-pengawasan-kearsipanKepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten, Syahruna SH CN. (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Klaten Sepuluh Besar Terbaik Pengawasan Kearsipan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Program Kerja Pengawasan Kearsipan Tahunan (PKPKT) tahun 2021 mengumumkan sepuluh kabupaten/kota terbaik pengawasan kearsipan tahun 2020.


Sepuluh daerah itu memperoleh predikat sangat memuaskan dengan nilai pengawasan tertinggi. Berturut-turut dari peringkat satu hingga sepuluh adalah Kabupaten Kebumen dengan nilai 98,35, Kota Yogyakarta 98,00, Kabupaten Magelang 97,11, Kota Surabaya 96,41.


Kemudian, Kabupaten Wonosobo 96,63, Kabupaten Pati 95,26, Kabupaten Klaten 94,95, Probolinggo 94,71, Kabupaten Sleman 94,56 dan Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan dengan nilai 94,47.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten, Syahruna SH CN, mengatakan penilaian dilakukan Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan diumumkan secara online pada Selasa (20/4/2021).


“Tahun kemarin penghargaan diterima bupati di Solo. Tahun ini semula direncanakan di Samarinda tapi karena pandemi maka secara online,” katanya, Rabu (21/4/2021).


Mantan Kabag Pembangunan dan Kepala Inspektorat itu menambahkan aspek penilaian dari ANRI meliputi kebijakan (regulasi), pengelolaan arsip statis mulai dari pencetakan hingga penyusutannya, sumber daya manusia serta sarana dan prasarana.


Prestasi sangat memuaskan itu bisa dicapai karena komitmen bersama memperbaiki nilai yang telah diperoleh sebelumnya.

Tahun ini dan sebelumnya, penilaian dilaksanakan pada lembaga kearsipan dalam hal ini Dinas Arsip dan Perpustakaannya. Namun mulai tahun depan yang dinilai Dinas Arsip dan Perpustakaan 60 persen dan 40 persen Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini