Sabtu, 15 Mei 2021,


klinik-amc-naik-kelas-jadi-rumah-sakitWakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi bersama jajaran RS AMC Muhammadiyah dan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (istimewa)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Klinik AMC Naik Kelas Jadi Rumah Sakit

SHARE

KORANBERNAS ID, YOGYAKARTA -- Klinik Utama Asri Medical Centre (AMC) kini telah “naik kelas” menjadi Rumah Sakit Umum dengan klasifikasi Kelas D. Hal ini didasari Surat Pemenuhan Komitmen Izin Operasional Rumah Sakit yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta untuk Rumah Sakit AMC Muhammadiyah, Selasa (13/4/2021) silam.


Surat Pemenuhan Komitmen Izin Operasional Rumah Sakit ini merupakan tahapan terakhir untuk memperoleh Izin Operasional Rumah Sakit.


Dokter Agus Widyatmoko Sp Pd M Kes selaku Direktur Utama Rumah Sakit AMC Muhammadiyah dalam keterangan tertulisnya Selasa (20/4/2021) mengungkapkan, latar belakang perubahan status AMC dari Klinik Utama menjadi Rumah Sakit ini tak lain untuk meningkatkan pelayanan.

“Rumah sakit ini akan menjadi rumah sakit satelit pendidikan yang akan mendukung pendidikan pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY),” ungkapnya.


Menurut Agus, beberapa layanan kesehatan tidak dapat dilakukan di klinik dan hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Oleh karena itu, sejak lima tahun lalu wacana menaikkan status AMC menjadi rumah sakit telah digalakkan.


Selama dua tahun ke belakang sejak adanya wacana tersebut, Rumah Sakit AMC Muhammadiyah melakukan beberapa usaha untuk mendapatkan izin operasional.


Di antaranya, melakukan renovasi dan penambahan fasilitas seperti bangsal dengan kapasitas 50 tempat tidur untuk rawat inap, ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang sesuai dengan standar. Kamar Operasi, instalasi farmasi, laboratorium, CSSD, dan outpatient clinics atau layanan klinik rawat jalan, serta fasilitas lain.

Prof Dr Sukamta selaku Direktur PT Asri Mandiri Berkemajuan (AMB) selaku pengelola Rumah Sakit AMC Muhammadiyah menambahkan, kualitas sumber daya manusia meliputi dokter, perawat, bidan, apoteker dan tenaga pendukung lainnya juga ditingkatkan kompetensinya.

Aspek lingkungan seperti instalasi pengolahan limbah cair dan tempat pembuangan sampah medis juga disesuaikan dengan persyaratan.

Fasilitas di Rumah Sakit AMC Muhammadiyah akan dibangun berbasis teknologi informasi. Seluruh sistem di rumah sakit, baik itu sistem antrien, appointment, layanan pasien, serta layanan antar-unit akan menggunakan aplikasi sistem yang terintegrasi, saat ini sedang dikembangkan.

Bahkan untuk mengantarkan barang dari satu unit ke unit lain akan menggunakan sistem pneumatic tube sehingga pelayanan akan lebih cepat dan efisien. Sistem aplikasi ini dibangun sebagai salah satu cara memastikan layanan berjalan cepat, tepat dan memudahkan pelanggan.

Harapannya dengan adanya sistem dan fasilitas-fasilitas yang diperbarui serta sumber daya manusia yang kompeten, rumah sakit ini nantinya dapat terus berkembang dan maju hingga dapat menjadi rumah sakit percontohan di kalangan rumah sakit Muhammadiyah, utamanya dalam hal pelayanan. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini