komandan-peleton-pingsan-nilainya-langsung-minusLomba Baris Berbaris dalam rangka Dies Natalis UMBY di Kampus 1 Jalan Wates Km 10 Sedayu Bantul. (istimewa)


sri-wijaya

Komandan Peleton Pingsan Nilainya Langsung Minus

SHARE

KORANBERNAS.ID –  Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan Lomba Baris Berbaris (LBB) SMA/SMK/MA se-DIY, Minggu (17/11/2019) pagi hingga sore, di Kampus 1 Jalan Wates Km 10 Sedayu Bantul.

Ada 25 tim yang mengikuti lomba untuk ketiga kalinya tersebut. Penyelenggaraan tahun ini bersamaan dengan Dies Natalis ke-33 UMBY.


Baca Lainnya :

Lomba dibuka Wakil Rektor 1 Dr Bayu Kanetro MP didampingi Ketua Umum Dies Dr Kamsih Astuti MPsi beserta jajaran pejabat struktural UMBY dan Humas UMBY Widarta MM.

“Lomba ini diharapkan mampu menyalakan semangat nasionalisme. Cinta tanah air, kedisiplinan dan kegigihan tercermin di dalam aturan baris-berbaris,” kata Bayu.


Baca Lainnya :

Setidaknya ada dua hal bisa diperoleh dari acara tersebut yaitu pelajaran leadership dan followership.

Di dalam baris berbaris pemimpin memerlukan ketegasan, keterpaduan serta kekompakan anggotanya. “Di situlah letak keindahan kebersamaan,” lanjutnya.

Ketua panitia, M Budiantara SE M Si, menambahkan LBB rutin diselenggarakan. Panitia mengandeng unsur TNI,  Polri dan PPI (Purna Paskibra Indonesia).

Nilai minus

Unsur penilaian yaitu kekompakan, kepatuhan pada komando, keseragaman estetika dan gerakan. “Dari tahun ke tahun minat peserta meningkat, terlihat dari jumlah tim yang ambil bagian,” kata Budiantara.

Widarta menambahkan terdapat beberapa hal yang membuat nilai menjadi berkurang atau minus. Misalnya komandan peleton (Danton) pingsan maka nilainya minus 200. Terlambat mengikuti apel minus 100.

“Jika Danton pingsan pengurangan nilainya banyak,” ungkapnya

Apabila jumlah peserta kurang dari ketentuan 31 orang dengan empat anggota cadangan, maka minus 50 dikalikan jumlah peserta.

Atribut terlepas minus 10 dikalikan jumlah peserta yang atributnya jatuh, peserta pingsan minus 50 dikali jumlah peserta yang tidak pingsan.

Peserta terlambat tampil minus 150, keluar dari kotak lomba minus 50 dikali jumlah peserta yang melanggar. Pada lomba tersebut panitia membuat  garis tampil.

Lomba terbagi tiga pos yakni pos 1 dan pos 2. Selama 5 menit masing-masing peserta tampil sesuai aturan baku Baris Berbaris (BB). Di pos 3 dengan durasi 10 menit, peserta boleh improvisasi dan mengkreasi baris berbaris.

Terlihat ada yang menambah yel-yel, atraksi dengan drama musikal dan lagu kepahlawanan bahkan membuat gerakan baris berbaris dengan lagu cendol dawet sehingga sangat menghibur. (sol)

Hasil Lomba Baris Berbaris

Juara 1 SMAN 1 Yogyakarta

Juara 2 SMAN I Jetis   

Juara 3 SMKN 6 Yogyakarta

Juara Harapan  1 SMKN 2 Depok

Juara Harapan 2 SMK-SMTI Yogyakarta

Juara Harapan 3 SMA N 1 Sedayu

Danton terbaik SMAN 1  Yogyakarta

Sumber: Panitia lomba



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini