KPU DIY Gelar Diskusi Bahas Silon

70
Suasana diskusi yang digelar KPU DIY, Kamis (07/06/2018), di Grand Keisha Hotel. (rosihan anwar/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Kamis (07/06/2018), menggelar diskusi di Grand Keisha Hotel Jalan Affandi 9 Condongcatur Sleman.

Pada event sosialiasi tatap muka dengan bentuk Focus Group Discussion kali ini dibahas mengenai sosialisasi Tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi serta Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden.

Acara yang diikuti oleh tim calon kali ini dibuka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Hamdan Kurniawan. Hadir pula komisioner KPU DIY Siti Ghoniyatun serta Guno Tri Cahyo.

Diskusi berlangsung dua sesi. Sesi pertama membahas Mekanisme Pengajuan Bakal Calon DPRD diserta dengan tanya jawab dan sesi kedua paparan Overview Sistem Informasi Pencalonan atau Silon.

Baca Juga :  Rumah Dibakar Anak, Camat Turun Tangan

Kepada wartawan di sela-sela acara, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para operator yang sudah diberi mandat oleh masing-masing bakal calon DPD maupun dari parpol untuk meng-upload data-data ke Silon.

“Kita beri username dan password untuk meng-upload data tersebut,” kata dia.

Menjawab pertanyaan apakah para operator mengalami kesulitan, Hamdan lebih lanjut mengatakan proses ini mestinya mudah bagi mereka, mengingat operator dari DPD dan parpol selama ini sudah teruji sehingga tidak ada kendala saat meng-upload data ke sistem yang dimiliki oleh KPU.

Adapun teknisnya, data tersebut di-scan selanjutnya dibuat ukuran tertentu yang tidak melebihi batas kilobyte sehingga mudah diupload. (sol)

Baca Juga :  Bantul Fashion Street Bikin Pariwisata  Bergairah