Selasa, 05 Jul 2022,


linmas-harus-aktif-bantu-kpuKetua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menjadi narasumber pembinaan Sat Linmas, Minggu (18/11/2018) di Tegalrejo Yogyakarta. (sholihul hadi/koranbernas.id)


sholihul
Linmas Harus Aktif Bantu KPU

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Menjelang Pemilu 2019, Pemda DIY bersama Komisi A DPRD DIY giat membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).


Dengan dukungan APBD Perubahan DIY, pada bulan November dan Desember ini diselenggarakan Pembinaan terhadap 4.500 personel Sat Linmas (Satuan Perlindungan Masyarakat).

  • Pemilu 2019 Sedikit Lebih Rumit, Pemilih Wajib Cek Jari
  • Peran Satlinmas Strategis sebagai Juru Musyawarah

  • Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman mengenai peraturan Pemilu 2019 sehingga Sat Linmas bertugas dengan baik.

    Pelatihan dan pembekalan Satlinmas Angkatan 1 Kota Yogyakarta yang diselenggarakan Satpol PP DIY, Minggu (18/11/2018), diikuti 300 personel Linmas dari Kecamatan Tegalrejo, Wirobrajan dan Gedongtengen Kota Yogyakarta.

  • Sandi Launching Teh Wangi Produk UMKM Jogja
  • Karet Celana Impor Pak..

  • Hadir Kepala Satpol PP DIY Drs Noviar Rahmad MSi maupun perwakilan dari Satpol PP Kota Yogyakarta serta tamu undangan dari instansi terkait termasuk unsur TNI dan Polri.

    Noviar menjelaskan, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan Linmas (dulu bernama Hansip atau Pertahanan Sipil) yang bertugas pada Pemilu 2019.

    Pelatihan sangat penting karena secara teknis pelaksanaan Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya. Untuk pertama kalinya, pemilu presiden dan pemilu legislatif dilakukan secara bersamaan.

    Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan itu, Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto. Di hadapan para Linmas yang tetap bersemangat mengikuti pelatihan, anggota DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan ini memberikan apresiasi kepada para Linmas.

    “Seperti semboyan Satlinmas di Kota Yogyakarta yakni ora perlu kondhang, sing penting tumandang. Kita yakin dan percaya Linmas memiliki jiwa mulia, keikhlasan dan kerelaan membantu masyarakat khususnya mewujudkan ketentraman, keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat jelang Pemilu 2019,” ujarnya.

    Eko Suwanto yang pada Pemilu 2019 maju kembali sebagai Caleg DPRD DIY ini mengakui dirinya banyak memperoleh ilmu kehidupan dari para Linmas, salah satunya ilmu ikhlas.

    Karena itu dia tidak tanggung-tanggung menyebut Sat Linmas sebagai garda terdepan pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya di bidang ketenteraman dan perlindungan masyarakat.

    “Kita dukung Sat Linmas melaksanakan tugasnya membantu aparat kepolisian mewujudkan keamanan di TPS. Juga membantu Satpol PP mewujudkan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat,” kata dia.

    Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini mengharapkan, setelah pelatihan Linmas perlu duduk bersama dengan Babinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan pemetaan di wilayah masing-masing, dibantu Pemda.

    “Sat Linmas lebih mengetahui kondisi wilayah karena sehari-hari tinggal di sana. Kita dukung pembinaan Sat Linmas oleh Pemda dengan harapan dapat bertugas dengan baik saat pemilu. Selain berbagai pembinaan, kita harapkan Pemda berkomitmen meningkatkan kesejahteraan Sat Linmas,” kata alumni MEP UGM ini.

    Menurut dia, Linmas berperan aktif sebagai penjaga kerukunan masyarakat memerlukan beberapa syarat, di antaranya gelem ngayomi dan sukarela.

    “Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjaga hubungan yang baik dengan seluruh masyarakat, meski mereka berbeda pilihan", ujar Eko Suwanto.

    Linmas juga punya tugas sebagai juru musyawarah atau juru rembugan. “Linmas membantu Pak Lurah, Pak RT dan Pak RW menjadi juru musyawarah ketika terjadi permasalahan di masyarakat jelang Pemilu 2019,” tambahnya.

    Mengingat tugasnya melindungi masyarakat maka Linmas harus tampil murah senyum dan supel.

    “Kita harap KPU membuat buku kecil berisi petunjuk teknis untuk panduan Linmas saat bertugas ,” kata Eko Suwanto.

    Dia mengusulkan, apabila selama ini ada apel siaga TNI dan Polri serta Satpol PP menjelang Pemilu, apabila dimungkinkan perlu dilaksanakan apel siaga anggota Linmas se-DIY yang jumlahnya lebih dari 30 ribu orang. (sol)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini