Selasa, 17 Mei 2022,


lomba-desa-di-kebumen-berhadiah-12-mobil-Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, melaunching aplikasi Lomba Desa. (istimewa)


Nanang W Hartono
Lomba Desa di Kebumen Berhadiah 12 Mobil

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Pertama kalinya lomba desa diselenggarakan Pemkab Kebumen menggunakan aplikasi Lomba Desa. Ada 12 hadiah mobil untuk 12 kategori pemenang inovasi desa.


Hal itu dikemukakan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, ketika melaunching aplikasi Lomba Desa 2022 dan rapat evaluasi pembangunan desa 2021, Selasa (21/12/2021). Rapat diikuti 449 kepala desa se Kabupaten Kebumen.


Arif Sugiyanto mengatakan, Pemkab Kebumen senantiasa menunjukkan perhatian terhadap pembangunan desa. Mengingat desa merupakan entitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Untuk mendukung pembangunan desa agar lebih maju dan mandiri, pemerintah perlu membuat program berkelanjutan dengan diadakannya lomba inovasi desa. Lomba tahun 2022 memperebutkan 12 mobil sebagai hadiah utamanya.


"Untuk lomba inovasi desa ini sudah kita siapkan 12 mobil, " kata Arif Sugiyanto.

Lomba desa akan mendorong desa bisa lebih maju, lebih inovatif, mandiri, dan sejahtera warganya.

Dengan aplikasi Lomba Desa, lomba desa tidak bisa diintervensi oleh siapapun karena sudah melalui sistem yang jelas. Bagi desa yang aktif melakukan kegiatan inovasi dan melaporkannya melalui sistem tersebut, maka akan mendapat nilai yang baik.

Kategori lomba di antaranya pelayanan masyarakat, pemberdayaan sosial, keterbukaan publik, penggunaan anggaran, sampai pada penggunaan teknologi informasi dan kebencanaan.

Arif Sugiyanto berharap kepada setiap desa berkompetisi secara positif dan sportif. Sehingga siapa pun nanti desa yang memenangkan lomba ini dapat menjadi contoh dan teladan bagi desa lain.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan dan Anak Kebumen, Cokroaminoto, kepada koranbernas.id, menjelaskan penilaian lomba desa berdasarkan isian inovasi/kegiatan yang ada di aplikasi Lomba Desa.

Untuk dua belas desa dengan dengan nilai tertinggi, tim penilai akan melakukan verifikasi ke desa. Jika hasil penilaian ternyata tidak sama dengan data yang ada di aplikasi, peringkat kedua dilakukan verifikasi di desa.

"Rencana Juni 2022, data nilai sudah ada, tim penilai turun ke desa, setelah Juni 2022," kata Cokroaminoto.

Pengumuman dan penyerahan hadiah dan penghargaan lomba dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke 393, 22 Agustus 2022. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini