lukman-hakim-tmmd-perlu-menjadi-program-berkelanjutanFoto bersama Dandim 0708 Purworejo, Agus Bastian (tengah) dan sejumlah pejabat di Purworejo. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Lukman Hakim: TMMD Perlu Menjadi Program Berkelanjutan

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO--Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim, menutup secara resmi kegitan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 Desa Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo di Ruang Transit Makodim, Rabu (31/03/2021).


Penutupan TMMD ditandai dengan penyerahan hasil kerja dari Dandim 0708 Purworejo kepada Bupati Purworejo Agus Bastian dan penandatanganan prasasti. Hadir dalam acara tersebut, Forkompinda Purworejo, Kepala Dinas, Forkompincam Kecamatan Bener dan Danramil serta perwira staf Kodim.


Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim menyampaikan, TMMD merupakan upaya untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat guna mendukung terwujudnya ketahanan wilayah dalam sistem ketahanan semesta.

“TMMD juga memotivasi dan menumbuhkan semangat gotong royong untuk pemberdayaan masyarakat, agar berpartisipasi aktif dan peduli dalam pembangunan di desa,” jelasnya.


Lebih lanjut Dandim menambahkan, TMMD perlu  dilaksanakan dan dikembangkan secara terus menerus. Selain ditujukan untuk membantu kesulitan rakyat, juga sebagai wadah efektif bagi TNI untuk menjaga dan memelihara silaturahmi serta komunikasi dengan rakyat.

“Dengan terbentuknya hubungan emosional, rasa kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan rakyat ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai kekuatan penangkal yang andal terhadap setiap bentuk ancaman ketahanan bangsa dan negara kita ini,” ungkapnya.

Bupati Purworejo Agus Bastian menuturkan, kegiatan TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0708 Purworejo sangat membantu pemerintah daerah memaksimalkan sarana dan prasarana infrastruktur yang ada. Program ini sangat bagus dan sudah berjalan lama yang melibatkan TNI serta masyarakat.

“Dari kegiatan TMMD ini akan timbul kegotong royongan, kebersamaan sehingga TNI bersama dengan masyarakat untuk membangun sinergitas kekuatan keamanan yang ada di wilayah,” ucapnya.

Pemerintah daerah bersama TNI telah melaksanakan TMMD di Desa Guntur. Di wilayah tersebut akan dibangun bendungan Bener. Hal ini akan menjadikan kerja sama yang baik antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Saya berharap program TMMD ke depan lebih diperluas lagi, tidak sekadar membuat jalan tapi juga meningkatkan pembinaan warga masyarakat yang ada di Kabupaten Purworejo,” pungkasnya.

TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 di Desa Guntur Kecamatan Bener, menyelesaikan pembangunan fisik cor blok sepanjang 635 meter dan lebar 2,5 meter. Sedangkan ketebalan cor mencapai 0,12 meter. Kemudian pembuatan talud sepanjang 154 meter dan lebar 0,30 meter serta ketinggian 1,5 meter. TNI bersama masyarakat, juga mengembangkan program pembangunan pos ronda. (*)

 

 

 

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini