Rabu, 04 Agu 2021,


matematika-bukan-pelajaran-yang-mengerikanSeminar Nasional Matematika Indonesia di Kabupaten Banjarnegara. (istimewa)


Siaran Pers
Matematika Bukan Pelajaran yang Mengerikan
Master Setiawan Ajak Guru di Kabupaten Banjarnegara Mencintai Matematika
SHARE

KORANBERNAS.ID, BANJARNEGARA --  Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Mata pelajaran matematika selama ini menjadi momok yang menakutkan karena terkadang susah dipahami, apalagi metode yang diterapkan kurang menarik. Anak-anak enggan dan susah untuk mencerna.


Melihat realitas tersebut, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika Indonesia, Rabu (23/6/2021).

Seminar yang berlangsung di Surya Yudha Hotel Banjarnegara kali ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara, Drs Noor Tamami MPd. Peserta terdiri kepala sekolah dan guru.


Membacakan sambutan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam kesempatan itu Noor Tamami menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan LKP Matematika Indonesia yang telah memfasilitasi pengembangan metode pembelajaran matematika.

“Seminar ini semoga menjadi terobosan baru mengatasi permasalahan khususnya matematika serta dapat mengubah pemahaman bahwa matematika bukan mata pelajaran yang mengerikan apalagi menakutkan tetapi merupakan mata pelajaran yang mengasyikkan, menyenangkan dan mudah dipahami,” ujarnya.

Merujuk protokol kesehatan serta menghindari kerumunan, peserta dibagi menjadi beberapa gelombang tanggal 23-24 Juni 2021.

Adapun narasumber utama Setiawan SM MSi. Pria yang akrab dipanggil Master Setiawan itu menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk peningkatan dan penguatan kompetensi mata pelajaran matematika khususnya bagi kepala sekolah dan guru di Kabupaten Banjarnegara. Selanjutnya ilmu yang diperoleh dapat diterapkan kepada siswa/siswi di sekolah.

Master Setiawan memberikan metode pembelajaran matematika dengan cara cepat, mudah, asyik, menyenangkan serta memberikan wawasan baru mengenai metode belajar matematika.

Dia juga menjelaskan metode belajar matematika yang mudah, asyik dan menyenangkan akan membuat siswa dan siswi gemar matematika. Artinya, guru perlu mempunyai banyak perbendaharaan metode tentang cara berhitung matematika.

Tak lupa, Master Setiawan mengupas trik atau cara mudah mengerjakan soal-soal matematika di antaranya akar pangkat tiga, kuadrat, teknik perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian, pecahan desimal, cara cepat mencari nilai rata-rata maupun teknik pengerjaan soal Olimpiade Sains Nasional.

Filgia Rizki Aljanah SPd, peserta dari SDN 2 Sumberejo Kecamatan Batur mangakui materi yang diajarkan sangat menarik, menyenangkan dan mengesankan. Materi sangat bermanfaat untuk diajarkan kepada siswa.

Sependapat, Ginanjar Husnul Azizah SPd, peserta dari SDN 1 Ambal Kecamatan Karangkobar menyatakan Master Setiawan menyajikan materi dengan sangat menyenangkan. Peserta seminar tidak bosan dan tidak mengantuk. Dia berharap ke depan ada tindak lanjut.

Peserta lainnya, Masitah SPd SD, Kepala SDN 1 Singamerta Kecamatan Sigaluh, menyampaikan seminar matematika ini sangat berguna untuk membangkitkan motivasi belajar matematika peserta didik. “InsyaAllah peserta didik kami akan lebih senang belajar matematika,” ucapnya. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini