Memuliakan Anak Yatim Mencari Ridha Allah

136
Ustadz Moch Yusuf memberikan tausiyah dalam acara buka puasa bersama Astra Grup dengan anak-anak panti. (surya mega/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Ramadan adalah bulan penuh berkah. Tak heran saat Ramadan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amalan. Tidak terkecuali dengan menyantuni anak yatim.

“Islam memerintahkan kaum muslimin untuk senantiasa memperhatikan nasib mereka, berbuat baik kepada mereka, mengurus dan mengasuh mereka. Dengan ngopeni anak-anak yatim inilah, ridha Allah akan dating,” kata Ustadz Moch Yusuf, saat memberikan tausiyah di acara buka puasa bersama anak yatim yang diselenggarakan oleh Astra Group di Kantor Isuzu Bantul, Senin (11/06/2018) malam.

Acara ini diikuti puluhan anak-anak dari sejumlah panti asuhan. Yakni  Panti Asuhan Difabel Bina Siwi dan Panti Asuhan Miftahun Najah Bantul.

Ustadz Moch Yusuf yang tercatat sebagai anggota Polri dan bertugas di Polda DIY ini mengatakan, banyak dari umat yang tekun dalam ibadah, tapi sering lupa dengan anak yatim.

Baca Juga :  Buka Puasa Bersama “Sahabat Berbagi”, Anak Panti Dibuat Terpingkal-pingkal di Hotel

Mereka kerap lupa dengan tetangga kanan kirinya yang mungkin saja kesulitan untuk sekadar makan dan minum.

“Yang seperti ini, akan sulit mendapat ridha Allah. Padahal sesungguhnya kita hidup itu yang dicari ridha Allah. Apabila Allah sudah ridha, maka dijamin surge. Sebaliknya, betapa tekun ibadahnya kalau tidak mendapat ridha Allah ya tidak akan masuk surga,” kata Yusuf juga rutin mengasuh ratusan anak yatim ini.

Kegiatan Rutin

Oberlin Tangkas didampingi perwakilan dari sejumlah kantor cabang Astra dan Ustadz Moch Yusuf menyerahkan santunan untuk anak yatim. (surya mega/koranbernas)

Koordinator Wilayah Astra Group Yogyakarta, Oberlin Tangkas mengatakan, buka bersama anak yatim menjadi kegiatan rutin tahunan Astra Group setiap Ramadan.

Tahun ini, Astra Group juga menggelar berbagai kegiatan sosial termasuk kegiatan Pasar Ramadan dengan pembagian paket sembako di 115 titik secara nasional. Kegiatan ini digelar bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan RI.

Baca Juga :  Meramadhankan Kehidupan

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari menjelang hari raya Idul Fitri 2018.

“Secara nasional kegiatan ini kita lakukan di 115 titik, 58 kota/kabupaten se-Indonesia. Adapun total paket sembako yang kita distribusikan sebanyak 57.500 paket,” kata Oberlin.

Ketua Panitia Eddi Arthono menambahkan, rangkaian kegiatan digelar sejak 26 Mei lalu.  Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian Astra terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

“Paket sembako tersebut senilai 100 ribu rupiah, kita jual dengan harga 50 ribu rupiah. Uang hasil penjualan, selanjutnya kita pergunakan untuk membantu pondok pesantren dan masjid serta kegiatan-kegiatan sosial masing-masing wilayah dimana kantor kita berada,” terangnya. (SM)