Menangkan Jokowi-Ma’ruf Amin Secara Bermartabat

143
Pimpinan 9 parpol di DIY bergandengan tangan siap memenangkan pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 17 April 2019, sembilan partai politik (parpol) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi melebur ke dalam Tim Kampanye Nasional pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin Tingkat Daerah DIY.

“Kami sudah sepakat dan berkomitmen memenangkan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin secara bermartabat, berbudaya dan menggembirakan. Kami siap bekerja hingga 20 Oktober 2019 sampai dengan pelantikan Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin,” ungkap Bambang Praswanto selaku ketua tim, dalam konferensi pers di UC Hotel UGM, Senin (27/8/2018).

Tim itu beranggotakan lebih dari 100 personel yang terdiri dari para pengurus sembilan parpol. Secara struktural di dalamnya ada dewan pengarah, dewan penasihat serta unsur tokoh masyarakat.

Selain itu, juga terdapat sebelas direktur dan koordinator wilayah. Terpilih sebagai Sekretaris adalah John S Keban dan  Bendahara Suwarno.

“Kita sudah kompak dan solid untuk memenangkan Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin pada Pilpres 17 April 2019. Kenapa Pak Jokowi dua periode, karena sudah on the track,” kata Bambang Prawanto yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan DIY itu.

Tampak hadir pula dalam konferensi pers yang dipandu oleh Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Eko Suwanto kali ini, Ketua DPD Partai Golkar DIY Haryadi Suyuti, Ketua DPW Hanura DIY Sunar Nugroho. Hadir pula Ketua DPW PKB DIY Agus Sulistiyono maupun Subardi dari Partai Nasdem, PKPI serta PPP.

Baca Juga :  Tekan Kasus Kekerasan Anak, Ini Caranya
Konferensi pers Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin Tingkat DIY, Senin (27/08/2018) di UC UGM. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Menurut Bambang Praswanto, setelah tim tingkat DIY terbentuk segera menyusul tingkat kabupaten/kota se-DIY bahkan sampai tingkat kelurahan dan desa, paling lambat 10 September 2018.

“Dari tingkat provinsi sampai kelurahan kita sudah kompak untuk bekerja memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai keberhasilan Pak Jokowi selama ini, dengan cara yang  gembira, demokratif dan berbudaya sehingga membuat masyarakat senang,” paparnya.

Adapun targetnya, apabila pada Pilpres lalu sejumlah meraih 55,85 persen suara sedangkan pada Pilpres 2019 optimistis minimal 70 persen bahkan lebih. Hal ini mengingat jumlah parpol yang bergabung bertambah, semula empat parpol menjadi sembilan parpol, belum lagi terdapat 300 lebih organisasi relawan Jokowi.

Agus Sulistiyono menegaskan, PKB DIY juga sepakat untuk mendukung penuh kemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin, sekaligus memohon doa restu dari seluruh warga DIY supaya tim ini solid.

“Tim Pemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin  ingin menang dengan cara bermartabat dan berbudaya. Kami menjauhkan cara-cara kekerasan karena Jogja adalah sentra budaya di Indonesia,” ungkap Agus Sulistiyono, anggota DPR RI itu.

Haryadi Suyuti juga menegaskan tim pemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin solid. Pilpres bukanlah semata-mata ajang kompetisi tetapi juga kontestasi untuk menangkan hati masyarakat.

Baca Juga :  Pamer, Seniman Jogja Diboyong Australia

“Kami sudah sepakat. Mohon doa restu dari seluruh warga DIY. Bismillah solid untuk terus memperjuangkan kemenangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019,” kata Walikota Yogyakarta ini.

Bambang Praswanto selaku ketua tim melayani wawancara tambahan usai konferensi pers. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Adapun teknisnya, masing-masing parpol memiliki beban yang sama kemudian melakukan sinergi untuk meraih kemenangan Jokowi, dengan tidak melupakan kemenangan parpol yang bersangkutan.

Dengan cara berbagi tugas, kerja tim diatur supaya tidak terjadi overlap sehingga semua parpol dapat menikmati kemenangan itu secara bersama-sama.

Sembilan pimpinan parpol yang duduk di tim tersebut juga sepakat menghilangkan perbedaan politik demi satu tujuan hanya untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Subardi dari Partai Nasdem menjamin di dalam tim ini tidak akan terjadi gesekan karena semua sudah sepakat dan konsisten memegang prinsip untuk satu tujuan yakni kemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Eko Suwanto menambahkan, melalui cara-cara yang bermartabat, berbudaya serta menggembirakan pihaknya optimistis masyarakat DIY memberikan respons yang positif ke arah pemenangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.

“Kita bersama Jokowi dan Ma’ruf Amin juga berkomitmen menjaga Keistimewaan DIY. Kita mohon doa dukungan rakyat Jogja. Kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin akan dipersembahkan bagi kesejahteraan, kemakmuran dan kebahagiaan rakyat,” kata politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto yang juga Ketua Komisi A DPRD DIY ini. (sol)