mencari-solusi-permasalahan-kesehatan-lewat-forum-musyawarah-desaPandu Sujatmoko, Bidan Sulistyowati dan Bidan Desa Nganjat Anik Fitriani saat menghadiri paparan potensi dan permasalahan kesehatan di Desa Nganjat Klaten, Kamis (27/10/2022). (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Mencari Solusi Permasalahan Kesehatan Lewat Forum Musyawarah Desa

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Kesehatan berperan penting menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Karenanya, kesehatan harus benar-benar dijaga dan dipelihara dengan melibatkan semua elemen masyarakat.


Seperti dilakukan Forum Kesehatan Desa (FKD) Nganjat Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten yang menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tentang Kesehatan di aula kantor desa setempat, Kamis (27/10/2022).


Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Pandu Sujatmoko, Bidan Desa Nganjat Anik Fitriani, perwakilan Puskesmas Polanharjo Sulistyowati, BPD, PKK, RT/RW dan kader posyandu Desa Nganjat.

Kepala Desa, Pandu Sujatmoko, mengatakan melalui MMD diharapkan bisa menghasilkan solusi permasalahan kesehatan yang baik.


"Bagaimana menjaga kesehatan, solusi masalah kesehatan. Apa yang menjadi problem diharapkan ada solusi. Ini menjadi masukan bagi pemerintah desa," kata Pandu saat membuka acara.

Ditambahkan, masalah kesehatan di Desa Nganjat tidaklah banyak. Sebab jumlah penduduknya juga sedikit. Permasalahan kesehatan yang ada seperti stunting, gizi kurang yang jumlahnya juga minim.

"Stunting sedikit, gizi balita juga. DB (Demam Berdarah) jarang karena air di sini mengalir," ujarnya.

Perwakilan Puskesmas Polanharjo, Bidan Sulistyowati,  mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tiap tahun yang dilaksanakan pada semua desa di Kecamatan Polanharjo.

Hanya saja, kata Sulistyowati yang juga Bidan Desa Jimus itu, sebelum dibawa ke MMD permasalahan kesehatan di lapangan harus di survei terlebih dahulu.

"Desa Nganjat sudah disurvei dan diolah. Pastinya ada permasalahan yang dibawa dan di bahas di MMD. Harapannya ada hasil di sini (MMD) dan masyarakat Nganjat bisa lebih sehat lagi," paparnya.

Sekretaris FKD Nganjat, Pandu Saputrajati, dalam paparan potensi dan permasalahan kesehatan di desanya menjelaskan bahwa saat ini ada 6 kasus stunting dan 1 gizi kurang.

Permasalahan lain yang mengemuka yakni pertemuan rutin FKD, dukungan dana, peran serta masyarakat dan ormas serta kebijakan desa tentang kesehatan.

Menanggapi sederetan permasalahan kesehatan di wilayahnya, Kepala Desa Nganjat Pandu Sujatmoko menjawab hasil dari MMD akan dibawa dalam Forum Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa).

"Itu akan menjadi skala prioritas. Di sana ada posyandu, lansia, stunting, peningkatan gizi balita dan lain sebagainya yang akan dipihaki oleh dana desa," terang Pandu Sujatmoko. (*)


TAGS: Nganjat  Klaten 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini